Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien Untuk Anak Sekolah

Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien Untuk Anak Sekolah. Nah jika kamu siswa yang duduk di bangku SMP atau SMA, saya tahu betul kalau keseharian sahabat sekarang diiring dengan pekerjaan rumah atau PR yang banyak hehehe.

Apalagi bagi sahabat yang sudah duduk di bangku SMA, pasti sudah tak terbantahkan lagi jika dalam kesehariannya guru sobat mengasih tugas.

Memang, hampir tidak ada bedanya tahun-tahun yang lalu dengan tahun sekarang tentang PR. Meskipun sempat terdengar ultimatum jika sistem belajar tahun ini tidak diperbolehkan mengasih PR terlalu banyak untuk murid.

Hal itu hanya bualan saja menurut aku hahaha, saya sempat membaca sebuah artikel di facebook yang isinya tentang keluhan anak-anak SMP dan SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru itu yang faktanya tidak terlaksana.

Bukannya PR yang dikurangi, tapi malah bertambah banyak. Saya juga pernah membaca sebuah jadwal yang dibuat oleh murid perempuan sepertinya karena aku tahu kalau murid cowok nggak akan se rajin itu (termasuk admin), meski nggak semua sih.

Dia membikin sebuah jadwal yang mana dari hari senin hingga seninnya lagi ada aja tugas serta PR, sangat mengerikan bukan?.

Lebih parahnya lagi ada juga yang harus mengerjakan tugas pada saat weekend di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya hanya sampai pada hari Jumat, tapi mereka di hari Sabtunya berangkat untuk mengerjakan pekerjaan rumah bersama kawan-kawannya.

Jadi ya sama aja 6 hari kerja kan hehehhehe.

Ok untuk itu perlu lah dibuat suatu model pengaturan waktu agar sahabat tidak ribet serta rest time sahabat bisa digunakan sebagaimana mestinya. Oke langsung saja kita bahas tips mengenai gimana sih cara mengatur waktu belajar siswa SMP dan SMA berikut.

Oh ya, untuk sahabat yang mau mengikuti bimbingan belajar lewat sistem online, sahabat dapat tuh kunjungi Ruangguru.com, disana materinya komplit dan disertai contoh soal beserta pembahasan. Pas buat sahabat yang serba sibuk dan tidak sempat untuk hadir ke tempat bimbel karena bimbel ini berbasis online.

Tips Mengatur Waktu Belajar Anak SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Haram Hukumnya Menunda-nunda Tugas


Ya, untuk yang nomor 1 ini yang paling penting serta sangat teramat penting, sobat sebagai murid haram hukumnya untuk menunda-nunda mengerjakan pekerjaan rumah.


90% kasus yang membuat PR terasa menggunung ialah kebiasaan sahabat menyepelekan waktu membuat pekerjaan rumah.


Ah nanti ajalah, lagian tugasnya hanya sedikit!


Nah hal inilah yang malah membuat tugas lama-kelamaan menumpuk dan sobat bingung harus ngerjain yang mana dulu sementara di hari yang sama terdapat 2 PR yang berbeda.


Contohnya saja pekerjaan rumah fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan pada hari yang sama.


Mantep tidak tuh....


Ngerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, usahakan untuk ngerjain tugas secepat mungkin dan usahakan tidak sampai pr tersebut menumpuk jika tidak mau membuat rest time sahabat sia-sia cuma untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya bisa sahabat kerjakan jauh-jauh hari.


#2. Tiada Hari Tanpa Belajar


Nah untuk yang nomor 2 ini perlu disimak juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya entah itu di malam hari atau setelah pulang sekolah, terserah sob, the important thing, usahakan tiada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong waktu bermainnya?


Waktu untuk bermain atau istirahat tetap ada kok, silahkan manage berapa jam waktu belajar yang efektif untuk sobat.


Keuntungannya banyak yaitu selain membuat sobat lebih siap dalam menghadapi materi-materi baru, sobat juga akan teringat nanti jika terdapat tugas yang kelupaan.


Selain itu, sobat juga bisa mencicil menggarap soal-soal yang terdapat dibuku sahabat, nanti kalau ada tugas dari guru harus mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku sahabat bisa enjoy-enjoy karena sudah mengerjakan sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Sambil Bekerja


Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar namun disaat itu juga diiringi dengan bekerja, aku ada tips yang mungkin bisa membantu sahabat mengatur waktu untuk belajar.


Jadi, cara mengatur waktu belajar dan bekerja untuk yang belum serta ingin mencari pekerjaan yang paling dasar adalah dengan mencari job yang fleksibel dan tidak mengganggu jam pelajaran sekolah.


Maksutnya fleksibel itu sahabat bisa bekerja kapan saja. Walaupun tidak semua job dapat seperti ini tapi sebagian besar masih ada kok.


Sahabat dapat bilang kepada atasan sahabat tempat sobat bekerja untuk mengasih sobat pengertian mengenai jam kerja sahabat, tapi sesudah diberi kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan bos sobat.


Jika nggak ingin bekerja dengan orang lain sobat bisa tuh dengan berdagang makanan bikinan rumah di sekolah atau dengan dititipkan di kantin sekolah atau warung-warung ditempat sahabat. Nah ini yang kelihatannya paling mudah.


Terdapat juga pekerjaan yang bisa sobat lakukan kapan saja dan dimana saja termasuk di sekolah. Ya jualan online atau membuat sebuah blog.


Nah ini nih bisnis yang sedang saya tekuni, selain karena waktunya yang bebas semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika kita sudah memiliki sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada urusan sekolah sobat karena uang bakalan mendatangi sahabat dengan sendirinya.


Nah itu dia Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien Untuk Anak Sekolah dan cara memanage waktu belajar dan bekerja bagi sobat yang mau mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Tips Cara Belajar Efektif dan Efisien Untuk Anak Sekolah"

Back To Top