Mengatur Waktu Belajar dan Bekerja dengan Benar

Mengatur Waktu Belajar dan Bekerja dengan Benar. Nah jika kamu murid yang duduk di bangku SMP atau SMA, saya mengerti betul jika kehidupan sahabat sekarang penuh dengan tugas-tugas hehehe.

Apalagi bagi sobat yang sudah duduk di bangku SMA, pasti sudah tidak terbantahkan lagi jika dalam kesehariannya para pengajar sahabat mengasih pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak ada hal yang berbeda dari tahun-tahun yang lalu dengan tahun saat ini tentang Pekerjaan Rumah. Walaupun sempat terdengar ultimatum kalau sistem belajar tahun ini tidak memperbolehkan memberikan tugas terlalu banyak untuk murid.

Semua itu hanya omong kosong hahaha, aku pernah membaca sebuah tulisan di facebook yang berisi tentang keluhan anak-anak SMP serta SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru saja dibuat yang faktanya tak terlaksana.

Bukannya pekerjaan rumah yang dikurangi, tapi malah semakin banyak. Aku juga pernah lihat sebuah jadwal yang ditulis oleh murid cewek kayaknya karena aku tahu kalau siswa laki-laki tidak akan se rajin itu (termasuk admin), meski tidak semua sih.

murid cewek itu membuat jadwal yang mana dari hari senin hingga seninnya lagi terdapat tugas serta Pekerjaan Rumah, sangat mengerikan bukan?.

Malahan ada juga yang harus mengerjakan tugas pada hari libur di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, namun mereka di hari Sabtunya berangkat untuk menggarap PR bersama teman-temannya.

Jadi ya sama aja 6 hari kerja kan hehehhehe.

Oke maka itu perlu lah dibuat suatu model pengaturan waktu supaya sobat tidak keteteran serta rest time sahabat dapat dipakai sebaik-baiknya. Oke langsung saja kita mulai tips mengenai bagaimana cara mengatur waktu belajar siswa SMP dan SMA berikut.

Oh ya, untuk sobat yang ingin ikut Bimbel lewat sistem online, sobat bisa tuh mencoba Ruangguru.com, disana materinya lengkap dan disertai contoh soal beserta pembahasan. Pas untuk kamu yang serba sibuk dan nggak ada waktu untuk datang ke tempat bimbel karena bimbel ini berbasis online.

Tips Mengkoordinir Waktu Belajar Bagi Murid SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Haram Hukumnya Menunda-nunda Pekerjaan


Oke, untuk yang nomor 1 ini yang paling penting dan sangat teramat penting, sahabat sebagai siswa dilarang keras untuk menunda-nunda membuat pekerjaan rumah.


90% kasus yang membuat PR terasa menggunung adalah kebiasaan kita menunda-nunda waktu membuat PR.


Ah ntar-ntaran ajalah, lagian tugasnya cuma sedikit!


Nah perilaku inilah yang malah membuat tugas lama-lama menumpuk dan sobat bingung harus ngerjain yang mana dulu sementara di hari yang sama terdapat 2 pekerjaan rumah yang berbeda.


Misalnya saja PR fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan pada hari yang sama.


Mantep tidak itu....


Ngerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, sebisa mungkin untuk membuat tugas secepat mungkin dan usahakan nggak sampai pekerjaan rumah itu menggunung jika nggak mau membuat rest time sobat sia-sia cuma untuk ngerjain tugas yang semestinya dapat sahabat buat di hari-hari sebelumnya.


#2. Tidak Ada Waktu Tanpa Belajar


Nah untuk point ke- 2 ini perlu disimak juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya entah itu di malam hari atau setelah pulang sekolah, up to you sahabat, the important thing, usahakan tiada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong liburannya?


Waktu untuk bermain atau istirahat tetap ada kok, silahkan manage berapa jam time to study yang efektif untuk sahabat.


Manfaatnya banyak yakni selain membuat sahabat lebih siap untuk menghadapi materi-materi baru, sobat juga akan teringat nanti kalau ada pekerjaan yang kelupaan.


Tidak cuma itu, sobat juga dapat mencicil mengerjakan soal-soal yang ada dibuku sahabat, nanti kalau ada tugas dari guru harus ngerjain pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku sobat dapat santai-santai karena sudah mengerjakan sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Diiringi Bekerja


Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar dan disaat itu juga sembari bekerja, saya ada tips yang mungkin bisa menolong sahabat mengatur waktu untuk belajar.


So, cara mengatur waktu belajar serta bekerja bagi yang belum dan ingin mencari job yang paling dasar ialah dengan mencari pekerjaan yang fleksibel serta nggak mengganggu waktu sekolah.


Maksutnya fleksibel itu sahabat bisa bekerja kapan saja. Meskipun ngak semua job dapat kayak ini tapi sebagian besar masih ada kok.


Sahabat bisa meminta kepada atasan sobat tempat sahabat bekerja untuk memberi pengertian tentang jam kerja sahabat, tapi sesudah diberi kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan bos sahabat.


Jika tidak mau bekerja dengan orang lain sobat bisa tuh dengan berdagang makanan bikinan rumah di sekolah atau dengan dititipkan di kantin sekolah atau warung-warung ditempat sobat. Nah ini yang nampaknya paling gampang.


Ada pula pekerjaan yang dapat sobat lakukan kapan pun dan dimana saja termasuk di sekolah. Ya jualan online atau membuat sebuah blog.


Nah ini nih bisnis yang tengah saya geluti, selain karena waktunya yang fleksibel semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika kita sudah mempunyai sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada urusan sekolah kita karena uang bakalan datang dengan sendirinya.


Nah itu dia Mengatur Waktu Belajar dan Bekerja dengan Benar serta cara mengatur waktu belajar dan bekerja bagi sobat yang mau mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Mengatur Waktu Belajar dan Bekerja dengan Benar"

Back To Top