Pekerjaan Untuk Anda yang Masih Sekolah

Pekerjaan Untuk Anda yang Masih Sekolah. Nah jika sobat termasuk murid yang duduk di bangku SMP atau SMA, saya paham betul kalau kehidupan sahabat sekarang diiring dengan pekerjaan rumah atau PR yang banyak hehehe.

Apalagi bagi sahabat yang tengah duduk di bangku SMA, pasti sudah tak terbantahkan lagi jika setiap harinya guru sahabat memberikan pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak terdapat hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan tahun saat ini mengenai PR. Meskipun sempat terdengar ultimatum jika sistem pembelajaran tahun ini tidak diperbolehkan memberikan pekerjaan rumah terlalu banyak untuk murid.

Hal itu cuma bualan saja menurut aku hahaha, aku sempat membaca sebuah postingan di facebook yang isinya tentang keluhan para siswa SMP serta SMA yang bertanya tentang kebijakan pemerintah yang baru itu yang faktanya nggak terlaksana.

Bukannya PR yang berkurang, tapi malah semakin banyak. Saya juga pernah membaca sebuah jadwal yang dibuat oleh murid cewek kayaknya karena saya tahu jika siswa cowok nggak akan se rajin itu (termasuk admin), walau tidak semua sih.

murid perempuan itu membikin sebuah jadwal yang mana dari hari senin sampai seninnya lagi terdapat tugas serta PR, sangat mengerikan memang.

Lebih parahnya lagi ada pula yang harus mengerjakan tugas di hari libur di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, tapi mereka di hari Sabtunya berangkat untuk mengerjakan pekerjaan rumah bersama murid-murid lainnya.

Jadi ya sama aja 6 hari kerja kan hehehhehe.

Alright untuk itu perlu lah dibuat suatu model pengaturan waktu agar sahabat tidak ribet dan waktu istirahat sahabat dapat dipakai sebagaimana mestinya. Baiklah langsung saja kita bahas tips tentang gimana sih cara mengatur waktu belajar anak SMP dan SMA berikut.

Oh ya, bagi sobat yang mau mengikuti Bimbel lewat sistem online, sobat dapat tuh menjajal Ruangguru.com, disana materinya komplit dan disertai contoh soal beserta pembahasan. Cocok buat sobat yang serba sibuk dan nggak ada waktu untuk datang ke tempat bimbel karena bimbingan belajar ini berbasis online.

Cara Mengkoordinir Waktu Belajar Bagi Siswa SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Tidak Boleh Menunda-nunda Tugas


Ya, yang nomor satu ini yang paling penting dan sangat teramat penting, sobat sebagai siswa haram hukumnya untuk menunda-nunda mengerjakan tugas.


90% kasus yang membuat pekerjaan rumah terasa menumpuk adalah kebiasaan sobat menunda-nunda waktu membuat tugas.


Ah nanti ajalah, lagian tugasnya hanya sedikit!


Nah kebiasaan inilah yang hanya akan membuat PR lama-lama menggunung dan sahabat bingung harus ngerjain yang mana dulu sementara pada hari yang sama ada 2 pekerjaan rumah yang berbeda.


Misalnya saja PR fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan pada hari yang sama.


Mantep tidak tuh....


Ngerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, sebisa mungkin untuk membuat tugas secepat mungkin dan usahakan nggak sampai pekerjaan rumah itu menggunung jika tidak ingin membuat waktu istirahat sobat sia-sia hanya untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang sebenarnya bisa sobat kerjakan jauh-jauh hari.


#2. Tiada Waktu Tanpa Belajar


Nah untuk yang nomor 2 ini perlu diperhatikan juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya baik itu pada malam hari atau sehabis pulang sekolah, up to you sob, yang penting usahakan tidak ada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong waktu bermainnya?


Waktu untuk liburan atau istirahat tetap ada kok, silahkan manage berapa jam waktu belajar yang efektif untuk sahabat.


Manfaatnya banyak yaitu selain membuat sahabat lebih siap dalam menghadapi bab-bab baru, sahabat juga bakal keinget nanti kalau ada pekerjaan yang kelupaan.


Selain itu, sahabat juga dapat mencicil menggarap pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dibuku sahabat, nanti jika ada pr dari guru harus ngerjain pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dibuku sobat dapat enjoy-enjoy karena sudah mengerjakan sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Sambil Bekerja


Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar namun diwaktu yang bersamaan juga sambil bekerja, saya punya tips yang mungkin bisa menolong sobat mengatur waktu untuk belajar.


So, cara mengatur waktu belajar serta bekerja bagi yang belum serta mau mencari job yang paling dasar ialah dengan mencari job yang jam kerjanya nggak ketat serta nggak mengganggu waktu sekolah.


Maksutnya fleksibel itu sobat bisa bekerja kapan saja. Walaupun tidak semua pekerjaan dapat kayak ini namun sebagian besar masih ada kok.


Sobat dapat meminta kepada atasan sobat tempat sahabat bekerja untuk mengasih sobat pengertian mengenai jam kerja sobat, tapi sehabis dikasih kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan bos sobat.


Jika nggak mau bekerja dengan orang lain sobat bisa tuh dengan berjualan makanan buatan rumah di sekolah atau dengan menitipkannya di kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Nah ini yang kelihatannya paling gampang.


Ada juga job yang bisa sahabat lakukan kapan saja dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya jualan online atau membuat sebuah blog.


Nah ini nih bisnis yang tengah saya geluti, selain karena waktunya yang fleksibel terserah dengan kita, hasilnya pun juga lumayan. Serta yang paling penting, jika sobat telah mempunyai sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada urusan sekolah kita karena uang akan datang dengan sendirinya.


Nah itu dia Pekerjaan Untuk Anda yang Masih Sekolah dan cara memanage waktu belajar dan bekerja bagi sahabat yang ingin mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Pekerjaan Untuk Anda yang Masih Sekolah"

Back To Top