Mengatur Pola Belajar dan Bermain untuk Anak SMP SMA

Mengatur Pola Belajar dan Bermain untuk Anak SMP SMA. Nah jika sahabat termasuk murid yang duduk di bangku SMP atau SMA, saya tahu betul kalau keseharian sobat sekarang diiring dengan tugas-tugas hehehe.

Apalagi bagi kamu yang tengah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, pasti sudah tidak terbantahkan lagi kalau dalam kesehariannya guru sobat memberikan pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak ada bedanya tahun-tahun yang lalu dengan tahun sekarang tentang tugas. Meskipun sempat terdengar ultimatum jika sistem pembelajaran tahun 2017 tidak diperbolehkan mengasih tugas terlalu banyak untuk murid.

Semua itu cuma omong kosong hahaha, aku pernah membaca sebuah tulisan di internet yang berisi mengenai keluhan murid-murid SMP dan SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru itu yang faktanya tidak terlaksana.

Bukannya PR yang berkurang, namun sebaliknya, malah bertambah banyak. Aku juga pernah membaca sebuah jadwal yang dibuat oleh murid cewek kayaknya karena aku paham jika siswa cowok tidak akan se rajin itu (termasuk admin), meski tidak semua sih.

Dia membuat jadwal yang mana dari hari senin sampai seninnya lagi ada aja tugas ataupun PR, sungguh mengerikan memang.

Malahan ada juga yang harus mengerjakan PR pada saat weekend di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, namun mereka pada hari Sabtunya tetap ke sekolah untuk menggarap PR bersama teman-temannya.

Jadi ya sama aja 6 hari sekolah kan hehehhehe.

Ok untuk itu perlu lah dibuat sebuah model pengaturan waktu supaya sobat nggak ribet serta rest time sobat bisa digunakan dengan optimal. Baiklah langsung saja kita mulai tips tentang gimana sih cara mengatur waktu belajar anak SMP serta SMA berikut.

Oh ya, bagi sobat yang mau mengikuti bimbingan belajar secara online, sahabat bisa tuh menjajal Ruangguru.com, disana materinya lengkap dan disertai contoh soal beserta pembahasan. Cocok untuk sahabat yang serba sibuk serta nggak ada waktu untuk datang ke tempat bimbel karena bimbel ini berbasis online.

Tips Mengkoordinir Waktu Belajar Bagi Murid SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Haram Hukumnya Menunda-nunda Pekerjaan


Ya, yang pertama ini yang paling penting serta sangat teramat penting, sobat sebagai siswa tidak boleh menunda-nunda mengerjakan PR.


90% kasus yang mengakibatkan tugas terasa menumpuk ialah kebiasaan sahabat menunda-nunda waktu mengerjakan PR.


Ah ntar-ntaran ajalah, lagian tugasnya hanya sedikit!


Nah kebiasaan inilah yang hanya akan membuat tugas lama-kelamaan menumpuk dan sobat bingung harus ngerjain yang mana terlebih dahulu sementara pada hari yang sama ada 2 pekerjaan rumah yang berbeda.


Contohnya saja pekerjaan rumah fisika dan matematika yang harus dikumpulkan di hari yang sama.


Mantap nggak itu....


Ngerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, sebisa mungkin untuk ngerjain tugas secepat mungkin dan jangan sampai tugas itu menggunung jika tidak mau membuat rest time sahabat sia-sia cuma untuk mengerjakan tugas yang semestinya dapat sahabat buat di jauh-jauh hari.


#2. Tiada Waktu Tanpa Belajar


Nah untuk tips no 2 ini perlu diperhatikan juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya baik itu pada malam hari atau setelah pulang sekolah, up to you sobat, the important thing, usahakan tidak ada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong waktu bermainnya?


Waktu untuk liburan atau istirahat tetap ada kok, silahkan atur berapa jam waktu belajar yang efektif untuk sahabat.


Manfaatnya banyak yakni selain membuat sobat lebih siap dalam menghadapi bab-bab baru, sobat juga akan keinget nanti kalau ada pekerjaan rumah yang kelupaan.


Selain itu, sobat juga bisa mencicil menggarap pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku sahabat, nanti kalau ada pr dari guru harus ngerjain soal-soal yang terdapat dibuku sobat bisa santai-santai karena sudah ngerjain sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Sembari Bekerja


Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar namun diwaktu yang bersamaan juga sembari bekerja, saya punya tips yang mungkin dapat membantu sahabat mengatur waktu buat belajar.


So, cara mengatur waktu belajar serta bekerja untuk yang belum dan ingin mencari job yang paling dasar ialah dengan mencari job yang jam kerjanya nggak ketat serta tidak mengganggu jam pelajaran sekolah.


Maksutnya fleksibel itu sobat dapat bekerja kapanpun. Walaupun ngak semua pekerjaan bisa kayak ini tapi sebagian besar masih ada kok.


Sahabat bisa bilang kepada bos tempat sobat bekerja untuk memberi pengertian mengenai jam kerja sobat, tapi setelah diberi kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan bos sahabat.


Jika nggak ingin bekerja dengan orang lain sahabat bisa tuh dengan berdagang makanan bikinan rumah di sekolah atau dengan dititipkan di kantin sekolah atau warung-warung ditempat sobat. Nah ini yang kelihatannya paling gampang.


Ada juga pekerjaan yang bisa sobat lakukan kapan pun dan dimana saja termasuk di sekolah. Ya jualan online atau membangun sebuah blog.


Nah ini nih bisnis yang tengah aku tekuni, selain karena waktunya yang bebas terserah dengan kita, hasilnya pun juga lumayan. Serta yang paling penting, jika sahabat telah memiliki suatu sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada urusan sekolah sobat karena uang akan mendatangi sahabat dengan sendirinya.


Nah itu dia Mengatur Pola Belajar dan Bermain untuk Anak SMP SMA serta cara mengatur waktu belajar dan bekerja untuk sobat yang mau mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Mengatur Pola Belajar dan Bermain untuk Anak SMP SMA"

Back To Top