Belajar dan Bekerja Secara Bersamaan? Bisa Tuh..

Belajar dan Bekerja Secara Bersamaan? Bisa Tuh... Nah jika sobat termasuk siswa yang sekarang masih SMP atau SMA, aku paham betul jika kehidupan sahabat sekarang penuh dengan pekerjaan rumah atau PR yang banyak hehehe.

Apalagi bagi sahabat yang tengah duduk di bangku SMA, pasti sudah tak terbantahkan lagi jika dalam kesehariannya guru sobat mengasih pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak terdapat bedanya tahun-tahun sebelumnya dengan tahun saat ini mengenai PR. Meskipun sempat terdengar ultimatum kalau sistem belajar tahun ini tidak memperbolehkan mengasih pekerjaan rumah terlalu banyak untuk siswa.

Hal itu hanya omong kosong hahaha, aku sempat membaca sebuah postingan di facebook yang isinya mengenai keluhan para siswa SMP serta SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru itu yang faktanya tak terlaksana.

Bukannya pekerjaan rumah yang dikurangi, tapi malah semakin banyak. Aku juga pernah lihat sebuah jadwal yang ditulis oleh siswi perempuan kayaknya karena saya tahu jika siswa cowok nggak akan se rajin itu (termasuk admin), meski nggak semua sih.

Dia membuat jadwal yang mana dari hari senin sampai seninnya lagi terdapat tugas serta PR, sangat mengerikan bukan?.

Lebih parahnya lagi ada juga yang harus membuat PR pada hari libur di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, namun mereka di hari Sabtunya berangkat untuk mengerjakan tugas bersama kawan-kawannya.

Jadi ya sama aja 6 hari sekolah kan hehehhehe.

Ok untuk itu perlu lah dibuat sebuah model perencanaan waktu supaya sobat nggak keteteran serta rest time sobat dapat dipakai sebaik-baiknya. Oke langsung saja kita bahas tips mengenai gimana sih cara mengatur waktu belajar siswa SMP serta SMA berikut.

Oh ya, untuk sahabat yang ingin mengikuti Bimbel lewat sistem online, sahabat bisa tuh menjajal Ruangguru.com, disana materinya komplit dan didampingi dengan contoh soal beserta penjelasan. Cocok untuk sahabat yang serba sibuk dan tidak sempat untuk hadir ke tempat bimbingan belajar karena bimbel ini berbasis online.

Cara Mengatur Waktu Belajar Anak SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Tidak Boleh Menunda-nunda Pekerjaan


Ya, untuk yang nomor satu ini yang paling penting dan sangat teramat penting, sobat sebagai murid dilarang keras untuk menunda-nunda mengerjakan tugas.


90% kasus yang membuat pekerjaan rumah terasa menggunung ialah kebiasaan kita menyepelekan waktu mengerjakan pekerjaan rumah.


Ah ntar-ntaran ajalah, lagian tugasnya hanya sedikit!


Nah hal inilah yang malah membuat tugas lama-kelamaan menggunung dan sobat bingung harus ngerjain yang mana terlebih dahulu sementara di hari yang sama ada dua pekerjaan rumah yang berbeda.


Misalnya saja pekerjaan rumah fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan di hari yang sama.


Mantap nggak itu....


Kerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, usahakan untuk ngerjain pr secepat mungkin dan jangan sampai pekerjaan rumah tersebut menggunung jika tidak ingin membuat waktu istirahat sobat sia-sia hanya untuk mengerjakan pekerjaan rumah yang semestinya bisa sobat buat di hari-hari sebelumnya.


#2. Tiada Waktu Tanpa Belajar


Nah untuk point ke- 2 ini perlu disimak juga. Usahakan untuk belajar setiap harinya baik itu pada malam hari atau sehabis pulang sekolah, up to you sob, yang penting usahakan tiada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong waktu bermainnya?


Waktu untuk bermain atau istirahat tetap ada kok, silahkan atur berapa jam time to study yang efektif dan efisien untuk sobat.


Keuntungannya banyak yaitu selain membuat sobat lebih siap dalam menghadapi materi-materi baru, sahabat juga bakal keinget nanti jika terdapat pr yang kelupaan.


Tidak cuma itu, sahabat juga dapat mencicil mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku sahabat, nanti kalau ada pr dari guru harus mengerjakan soal-soal yang terdapat pada buku sobat dapat enjoy-enjoy karena sudah mengerjakan sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Sambil Bekerja


Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar dan diwaktu yang bebarengan juga sembari bekerja, saya ada tips yang mungkin dapat membantu sobat mengatur waktu untuk belajar.


So, cara mengatur waktu belajar dan bekerja untuk yang belum serta mau mencari pekerjaan yang paling dasar adalah dengan mencari job yang fleksibel dan tidak mengganggu jam pelajaran sekolah.


Arti dari fleksibel itu sobat dapat bekerja kapan saja. Walaupun tidak semua pekerjaan dapat seperti ini tapi sebagian besar masih ada kok.


Sobat bisa bilang kepada bos tempat sobat bekerja untuk memberi pengertian mengenai jam kerja sobat, namun setelah diberi kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan atasan sobat.


Jika tidak ingin bekerja dengan orang lain sahabat bisa tuh dengan berjualan makanan buatan rumah di sekolah atau dengan dititipkan di kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Nah ini yang kelihatannya paling mudah.


Ada pula pekerjaan yang bisa sobat lakukan kapan pun dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya berdagang lewat online atau membangun sebuah blog.


Nah ini nih bisnis yang sedang aku geluti, selain karena waktunya yang fleksibel terserah dengan kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika sahabat sudah mempunyai sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada pelajaran sobat karena uang akan mendatangi sobat dengan sendirinya.


Nah itu dia Belajar dan Bekerja Secara Bersamaan? Bisa Tuh.. serta cara mengatur waktu belajar dan bekerja untuk sobat yang ingin mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Belajar dan Bekerja Secara Bersamaan? Bisa Tuh.."

Back To Top