Cara Mengatur Jam Belajar saat Liburan

Cara Mengatur Jam Belajar saat Liburan. Nah jika kamu murid yang duduk di bangku SMP atau SMA, aku paham betul kalau keseharian sahabat sekarang ditemani dengan tugas-tugas hehehe.

Apalagi bagi sahabat yang tengah duduk di bangku SMA, pasti sudah tak terbantahkan lagi kalau dalam kesehariannya guru sahabat memberikan tugas.

Memang, hampir tidak ada hal yang berbeda dari tahun-tahun yang lalu dengan tahun sekarang tentang Pekerjaan Rumah. Meskipun sempat ada ultimatum kalau sistem pembelajaran tahun ini tidak memperbolehkan mengasih PR terlalu banyak untuk murid.

Semua itu hanya omong kosong hahaha, saya pernah membaca sebuah postingan di internet yang berisi mengenai keluhan anak-anak SMP dan SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru itu yang nyatanya nggak terlaksana.

Bukannya PR yang berkurang, tapi malah bertambah banyak. Saya juga pernah lihat sebuah jadwal yang ditulis oleh anak cewek sepertinya karena aku paham jika murid cowok nggak akan se rajin itu (termasuk admin), walau tidak semua sih.

murid perempuan tersebut membuat jadwal yang mana dari hari senin hingga seninnya lagi ada aja tugas serta Pekerjaan Rumah, sangat mengerikan memang.

Lebih parahnya lagi ada juga yang harus membuat tugas di hari libur di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, tapi mereka di hari Sabtunya tetap ke sekolah untuk menggarap PR bersama kawan-kawannya.

Jadi ya sama aja 6 hari kerja kan hehehhehe.

Ok maka itu perlu lah dibuat suatu model pengaturan waktu agar sobat tidak keteteran serta rest time sahabat bisa digunakan dengan optimal. Baiklah langsung saja kita bahas tips mengenai bagaimana cara mengatur waktu belajar siswa SMP serta SMA berikut.

Oh ya, untuk sobat yang ingin ikut Bimbel secara online, sahabat bisa tuh menjajal Ruangguru.com, disana materinya lengkap dan didampingi dengan contoh soal beserta penjelasan. Cocok buat sahabat yang serba sibuk serta tidak ada waktu buat hadir ke tempat bimbingan belajar karena bimbingan belajar ini berbasis online.

Cara Mengkoordinir Waktu Belajar Bagi Murid SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Haram Hukumnya Menunda-nunda Tugas


Ya, yang pertama ini yang paling penting dan sangat teramat penting, kamu sebagai murid dilarang keras untuk menunda-nunda membuat tugas.


90% kasus yang mengakibatkan tugas terasa menggunung adalah kebiasaan sobat menunda-nunda waktu membuat PR.


Ah ntar-ntaran ajalah, lagian tugasnya hanya sedikit!


Nah hal inilah yang hanya akan membuat pekerjaan rumah lama-kelamaan menggunung dan kita bingung harus ngerjain yang mana dulu sementara di hari yang sama ada dua PR yang berbeda.


Misalnya saja PR fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan pada hari yang sama.


Mantap tidak tuh....


Ngerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, sebisa mungkin untuk ngerjain tugas secepat mungkin dan jangan sampai pekerjaan rumah tersebut menumpuk jika nggak ingin membuat rest time sahabat sia-sia hanya untuk ngerjain pekerjaan rumah yang semestinya bisa sahabat kerjakan jauh-jauh hari.


#2. Tidak Ada Waktu Tanpa Belajar


Nah untuk tips no 2 ini perlu diperhatikan juga. Usahakan untuk belajar setiap harinya baik itu pada malam hari atau setelah pulang sekolah, up to you sob, yang penting usahakan nggak ada hari tanpa belajar.


Lho jadi kapan dong istirahatnya?


Waktu untuk liburan atau istirahat masih ada kok, silahkan manage berapa jam time to study yang efektif untuk sobat.


Manfaatnya banyak yakni selain membuat sahabat lebih siap untuk menghadapi materi-materi baru, sahabat juga bakal teringat nanti jika ada pekerjaan yang kelupaan.


Selain itu, sobat juga bisa mencicil menggarap pertanyaan-pertanyaan yang terdapat dibuku sahabat, nanti jika ada pekerjaan rumah dari guru harus ngerjain pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku sahabat bisa santai-santai karena telah ngerjain sebelumnya.


#3. Khusus Bagi yang Belajar Sembari Bekerja


Jika sobat termasuk murid yang masih belajar dan diwaktu yang bebarengan juga sembari bekerja, saya ada tips yang mungkin dapat membantu sahabat mengatur waktu untuk belajar.


Jadi, cara mengatur waktu belajar serta bekerja untuk yang belum serta mau mencari job yang paling dasar ialah dengan mencari pekerjaan yang fleksibel dan tidak mengganggu jam pelajaran sekolah.


Maksutnya fleksibel itu sahabat dapat bekerja kapanpun. Meskipun tidak semua pekerjaan bisa seperti ini namun sebagian besar masih ada kok.


Sobat bisa meminta kepada bos tempat sobat bekerja untuk mengasih sahabat pengertian tentang jam kerja sahabat, tapi setelah diberi kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan bos sobat.


Jika nggak ingin bekerja dengan orang lain sahabat bisa tuh dengan berjualan makanan bikinan rumah di sekolah atau dengan dititipkan di kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Nah ini yang kelihatannya paling mudah.


Terdapat juga job yang bisa sahabat lakukan kapan pun dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya berdagang lewat online atau membuat sebuah website.


Nah ini nih bisnis yang sedang aku tekuni, selain karena waktunya yang fleksibel semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Serta yang paling penting, jika sobat telah memiliki sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada urusan sekolah sobat karena uang akan datang dengan sendirinya.


Nah itu dia Cara Mengatur Jam Belajar saat Liburan serta cara memanage waktu belajar dan bekerja untuk sahabat yang ingin mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Cara Mengatur Jam Belajar saat Liburan"

Back To Top