Belajar dan Bekerja, Pilih Mana?

Belajar dan Bekerja, Pilih Mana?. Nah jika sobat termasuk murid yang duduk di bangku SMP atau SMA, saya paham betul jika kehidupan sahabat sekarang penuh dengan pekerjaan rumah atau PR yang banyak hehehe.

Apalagi bagi kamu yang sudah duduk di bangku Sekolah Menengah Atas, pasti sudah tidak terbantahkan lagi jika dalam kesehariannya para pengajar sobat memberikan pekerjaan-pekerjaan.

Memang, hampir tidak ada hal yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dengan tahun saat ini tentang PR. Walaupun sempat terdengar ultimatum jika sistem belajar tahun ini tidak memperbolehkan memberikan tugas terlalu banyak untuk murid.

Semua itu hanya omong kosong hahaha, saya pernah membaca sebuah postingan di facebook yang berisi mengenai keluhan para siswa SMP dan SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru itu yang nyatanya nggak terlaksana.

Bukannya pekerjaan rumah yang dikurangi, namun sebaliknya, malah semakin banyak. Aku juga pernah membaca sebuah jadwal yang ditulis oleh murid cewek sepertinya karena aku tahu kalau anak laki-laki nggak akan se rajin itu (termasuk admin), walau tidak semua sih.

Dia membuat jadwal yang mana dari hari senin sampai seninnya lagi ada aja tugas serta Pekerjaan Rumah, sungguh menakutkan bukan?.

Lebih parahnya lagi ada juga yang harus membuat tugas pada saat weekend di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, tapi mereka pada hari Sabtunya berangkat untuk mengerjakan tugas bersama kawan-kawannya.

Jadi ya sama aja 6 hari sekolah kan hehehhehe.

Ok untuk itu perlu lah dibuat sebuah model perencanaan waktu agar sobat tidak keteteran serta rest time sobat dapat digunakan sebagaimana mestinya. Baiklah langsung saja kita mulai tips mengenai gimana sih cara mengatur waktu belajar anak SMP dan SMA berikut.

Oh ya, untuk sobat yang ingin ikut bimbingan belajar lewat sistem online, sobat dapat tuh menjajal Ruangguru.com, disana materinya lengkap dan disertai contoh soal beserta penjelasan. Cocok untuk sobat yang serba sibuk serta nggak ada waktu buat hadir ke tempat bimbel karena bimbingan belajar ini berbasis online.

Cara Mengatur Waktu Belajar Anak SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Haram Hukumnya Menunda-nunda Pekerjaan


Oke, untuk yang nomor satu ini yang paling penting serta sangat teramat penting, kamu sebagai murid tidak boleh menunda-nunda mengerjakan tugas.


90% kasus yang membuat pekerjaan rumah terasa menggunung ialah kebiasaan sahabat menunda-nunda waktu membuat pekerjaan rumah.


Ah ntar-ntaran ajalah, lagian prnya cuma sedikit!


Nah kebiasaan inilah yang hanya akan membuat tugas lama-lama menumpuk dan sobat bingung harus mengerjakan yang mana dulu sementara di hari yang sama ada dua PR yang berbeda.


Misalnya saja PR fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan di hari yang sama.


Mantap nggak itu....


Kerjain yang mana dulu hayo???


Maka dari itu, usahakan untuk membuat tugas secepat mungkin dan usahakan tidak sampai pr tersebut menumpuk jika tidak mau membuat rest time sahabat sia-sia hanya untuk mengerjakan tugas yang sebenarnya bisa sobat kerjakan jauh-jauh hari.


#2. Tidak Ada Waktu Tanpa Belajar


Nah untuk tips no 2 ini perlu diperhatikan juga. Biasakan untuk belajar setiap harinya entah itu di malam hari atau sehabis pulang sekolah, up to you sahabat, yang penting usahakan tiada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong waktu bermainnya?


Waktu untuk liburan atau istirahat tetap ada kok, silahkan atur berapa jam time to study yang efektif untuk sahabat.


Manfaatnya banyak yakni selain membuat sobat lebih siap untuk menghadapi materi-materi baru, sobat juga akan teringat nanti kalau terdapat pekerjaan yang kelupaan.


Selain itu, sahabat juga bisa mencicil mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku sahabat, nanti kalau ada pr dari guru harus mengerjakan pertanyaan-pertanyaan yang ada dibuku sobat dapat enjoy-enjoy karena telah ngerjain sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Sembari Bekerja


Jika sahabat termasuk murid yang masih belajar namun disaat itu juga diiringi dengan bekerja, aku punya tips yang mungkin dapat menolong sobat mengatur waktu buat belajar.


Jadi, cara mengatur waktu belajar serta bekerja untuk yang belum dan ingin mencari pekerjaan yang paling dasar ialah dengan mencari pekerjaan yang jam kerjanya nggak ketat serta nggak mengganggu jam pelajaran sekolah.


Maksutnya fleksibel itu sobat dapat bekerja kapan saja. Meskipun tidak semua pekerjaan bisa seperti ini tapi sebagian besar masih ada kok.


Sahabat bisa bilang kepada atasan sobat tempat sahabat bekerja untuk mengasih sobat pengertian tentang jam kerja sahabat, tapi sehabis dikasih kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan atasan sahabat.


Jika tidak mau bekerja dengan orang lain sahabat bisa tuh dengan berjualan makanan buatan rumah di sekolah atau dengan menitipkannya di kantin sekolah atau warung-warung sekitar. Nah ini yang nampaknya paling gampang.


Terdapat juga pekerjaan yang bisa sahabat lakukan kapan saja dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya jualan online atau membangun sebuah blog.


Nah ini nih bisnis yang tengah saya tekuni, selain karena waktunya yang bebas semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika kita sudah mempunyai sebuah sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja ke urusan sekolah sahabat karena uang akan mendatangi sahabat dengan sendirinya.


Nah itu dia Belajar dan Bekerja, Pilih Mana? serta cara memanage waktu belajar dan bekerja bagi sahabat yang mau mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Belajar dan Bekerja, Pilih Mana?"

Back To Top