Artikel Lengkap Cara Membagi Waktu Belajar dan Bermain

Artikel Lengkap Cara Membagi Waktu Belajar dan Bermain. Nah jika sobat termasuk murid yang duduk di bangku SMP atau SMA, saya paham betul kalau kehidupan sobat sekarang penuh dengan pekerjaan rumah atau PR yang banyak hehehe.

Apalagi bagi sobat yang sudah duduk di bangku SMA, pasti sudah tak terbantahkan lagi jika setiap harinya guru sobat mengasih tugas.

Memang, hampir tidak terdapat bedanya tahun-tahun yang lalu dengan tahun sekarang tentang tugas. Meskipun sempat terdengar ultimatum kalau sistem pembelajaran tahun ini tidak diperbolehkan mengasih PR terlalu banyak untuk siswa.

Hal itu cuma omong kosong hahaha, aku pernah membaca sebuah artikel di facebook yang isinya tentang keluhan anak-anak SMP serta SMA yang mana mempertanyakan kebijakan pemerintah yang baru saja dibuat yang faktanya tak terlaksana.

Bukannya PR yang dikurangi, namun sebaliknya, malah semakin banyak. Saya juga pernah lihat sebuah jadwal yang ditulis oleh anak cewek sepertinya karena saya tahu kalau murid cowok tidak akan se rajin itu (termasuk admin), meski tidak semua sih.

Dia membuat jadwal yang mana dari hari senin sampai seninnya lagi ada aja tugas ataupun PR, sangat mengerikan bukan?.

Lebih parahnya lagi ada juga yang harus mengerjakan PR pada saat weekend di sekolahnya, jadi misalnya sekolahnya cuma sampai pada hari Jumat, tapi mereka pada hari Sabtunya berangkat untuk menggarap PR bersama kawan-kawannya.

Jadi ya sama aja 6 hari kerja kan hehehhehe.

Alright maka itu perlu lah dibuat suatu model perencanaan waktu supaya sahabat nggak keteteran dan waktu istirahat sahabat bisa dipakai sebaik-baiknya. Oke langsung saja kita mulai tips mengenai gimana sih cara mengatur waktu belajar anak SMP dan SMA berikut.

Oh ya, untuk sobat yang mau ikut bimbingan belajar lewat sistem online, sahabat bisa tuh kunjungi Ruangguru.com, disana materinya komplit dan didampingi dengan contoh soal beserta penjelasan. Cocok untuk kamu yang serba sibuk serta nggak sempat untuk datang ke tempat bimbel karena bimbingan belajar ini berbasis online.

Cara Mengkoordinir Waktu Belajar Bagi Siswa SMP SMA



Cara Mengatur Waktu Belajar

 

#1. Tidak Boleh Menunda-nunda Tugas


Ya, untuk yang nomor 1 ini yang paling penting serta sangat teramat penting, sobat sebagai siswa dilarang keras untuk menunda-nunda mengerjakan tugas.


90% kasus yang membuat pekerjaan rumah terasa menumpuk adalah kebiasaan sahabat menunda-nunda waktu membuat tugas.


Ah ntar-ntaran ajalah, lagian tugasnya cuma sedikit!


Nah kebiasaan inilah yang malah membuat pekerjaan rumah lama-kelamaan menumpuk dan sahabat bingung harus ngerjain yang mana dulu sementara di hari yang sama ada 2 PR yang berbeda.


Misalnya saja PR fisika dan matematika yang wajib dikumpulkan di hari yang sama.


Mantap nggak tuh....


Ngerjain yang mana dulu hayo???


Untuk itu, sebisa mungkin untuk membuat pr secepat mungkin dan usahakan tidak sampai tugas tersebut menumpuk jika nggak ingin membuat rest time sahabat sia-sia cuma untuk ngerjain pr yang semestinya bisa sobat buat di jauh-jauh hari.


#2. Tidak Ada Hari Tanpa Belajar


Nah untuk yang nomor 2 ini perlu disimak juga. Usahakan untuk belajar setiap harinya baik itu di malam hari atau sesudah pulang sekolah, up to you sahabat, yang penting usahakan tiada hari tanpa belajar.


Lho terus kapan dong waktu bermainnya?


Waktu untuk bermain atau istirahat tetap ada kok, silahkan manage berapa jam waktu belajar yang efektif untuk sahabat.


Manfaatnya banyak yakni selain membuat sahabat lebih siap dalam menghadapi bab-bab baru, sahabat juga bakal keinget nanti jika ada pekerjaan rumah yang kelupaan.


Selain itu, sahabat juga dapat mencicil mengerjakan soal-soal yang ada dibuku sahabat, nanti jika ada pekerjaan rumah dari guru harus ngerjain pertanyaan-pertanyaan yang terdapat pada buku sahabat dapat santai-santai karena telah mengerjakan sebelumnya.


#3. Khusus Untuk yang Belajar Sembari Bekerja


Jika sobat termasuk siswa yang masih belajar namun disaat itu juga diiringi dengan bekerja, aku punya tips yang mungkin bisa membantu sahabat mengatur waktu buat belajar.


Jadi, cara mengatur waktu belajar serta bekerja bagi yang belum dan mau mencari job yang paling dasar adalah dengan mencari pekerjaan yang jam kerjanya nggak ketat dan nggak mengganggu waktu sekolah.


Arti dari fleksibel itu sahabat dapat bekerja kapanpun. Walaupun ngak semua job dapat seperti ini namun sebagian besar masih ada kok.


Sahabat dapat bilang kepada bos tempat sobat bekerja untuk memberi pengertian mengenai jam kerja sobat, tapi sehabis dikasih kepercayaan jangan sekali-kali mengecewakan atasan sobat.


Jika nggak mau bekerja dengan orang lain sahabat bisa tuh dengan berjualan makanan bikinan rumah di sekolah atau dengan menitipkannya di kantin sekolah atau warung-warung ditempat sobat. Nah ini yang nampaknya paling gampang.


Ada pula pekerjaan yang dapat sobat lakukan kapan pun dan dimanapun termasuk di sekolah. Ya berdagang lewat online atau membangun sebuah website.


Nah ini nih bisnis yang tengah aku geluti, selain karena waktunya yang fleksibel semau kita, hasilnya pun juga lumayan. Dan yang paling penting, jika sobat sudah memiliki suatu sistem yang serba otomatis, kita tinggal fokus aja pada pelajaran kita karena uang akan mendatangi sahabat dengan sendirinya.


Nah itu dia Artikel Lengkap Cara Membagi Waktu Belajar dan Bermain dan cara mengatur waktu belajar dan bekerja bagi sahabat yang ingin mencari tambahan uang jajan, semoga bermanfaat :)
Tag : Ruangguru, Tips
0 Komentar untuk "Artikel Lengkap Cara Membagi Waktu Belajar dan Bermain"

Back To Top