Pertumbuhan Primer dan Sekunder yang Terjadi di Tumbuhan

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi materi baru nih, yaitu materi Biologi yang judulnya Pertumbuhan Primer dan Sekunder pada Tumbuhan. Nah sebelumnya kita pernah membahas mengenai struktur jaringan yang ada pada tumbuhan, nah materi ini bisa dikatakan sebagai materi lanjutan dari materi tadi, jadi bagi kalian yang belum paham mengenai materi tadi, silahkan dibaca terlebih dulu.

Oke, sekarang kita kembali ke materi kita. Sebelumnya saya mau bertanya kepada kalian, apakah tumbuhan yang ada disekitar kita mengalami proses pertumbuhan? Pasti jawabannya Iya. Nah sekarang apakah kalian pernah melihat pertumbuhan tanaman secara langsung dengan mata kalian? Pasti kebanyakan menjawab tidak, kenapa pasalnya banyak orang mengira kalau pertumbuhan dari tanaman itu lambat jika dibandingkan dengan pertumbuhan manusia atau hewan.

Pertumbuhan Primer dan Sekunder yang Terjadi di Tumbuhan

Pernyataan tersebut salah besar, memang kelihatannya tumbuhan mengalami proses pertumbuhan dan perkembangan yang sangat lambat, tetapi jika kita amati dengan seksama, maka setiap hari akan ada pertumbuhan baru dari tanaman tersebut walaupun tidak terlalu nampak.

Nah pertumbuhan-pertumbuhan yang terjadi pada tumbuhan dibagi menjadi 2 berdasarkan asal meristemnya yaitu pertumbuhan primer dan sekunder. Nah selanjutnya kita akan mengupasnya satu persatu secara mendetail, silahkan disimak.

Pertumbuhan Primer dan Sekunder Tumbuhan

  • Pertumbuhan Primer
Definisi dari pertumbuhan primer adalah pertumbuhan dasar yang terjadi karena aktivitas pembelahan sel yang terjadi pada jaringan meristem primer. Jaringan meristem terletak pada daerah tumbuh yaitu ujung akar dan ujung batang. Pertumbuhan ini menyebabkan perpanjangan akar, batang, dan pelebaran daun.

Setelah mengalami proses perkecambahan, suatu tumbuhan akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan yang mana akan membentuk akar, batang dan daun. Untuk bagian akar dan batang sangat mempengaruhi pertumbuhan dari suatu tanaman karena untuk bertambah besar atau besar diperlukan kedua organ tersebut.

Nah titik tumbuh primer sendiri dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:
  1. Ujung akar, pada bagian ini sel-sel maristem akan mengalami pertumbuhan dan perkembangan struktur akar pertama.
  2. Daerah pemanjangan terletak setelah daerah pembelahan, pada bagian ini, sel-sel akan mengalami pemanjangan dan pembesaran yang membuat tanaman menjadi lebih besar dari sebelumnya.
  3. Daerah Diferensiasi, daerah yang sel-selnya berdiferensiasi menjadi sel-sel yang memiliki fungsi khusus.
Untuk titik tumbuh pada bagian akar, masih dibagi menjadi 3 lagi yaitu sebagai berikut:
  1. Daerah Pembelahan Sel (cleavage)
  2. Daerah Pemanjangan (elongasi)
  3. Daerah Pendewasaan (diferensiasi)
Tidak hanya pada bagian ujung akar dan ujung batang saja pertumbuhan primer berlangsung, melainkan terjadi juga pada waktu embrional .

  • Pertumbuhan Sekunder
Definisi dari pertumbuhan sekunder adalah pertumbuhan yang terjadi akibat adanya aktivitas jaringan meristem sekunder yang terdapat pada tumbuhan. Pengaruhnya yaitu menyebabkan pelebaran batang, pembentukan lingkar tahun, dan jari-jari empulur.

Jaringan kambium membelah secara mitosis. Sel-sel kambium yang ada di batang akan melakukan pembelahan ke arah dalam dan luar. Pembelahan kambium ke arah dalam dan luar tersebut mengakibatkan terjadinya pembentukan xilem (pembelahan ke arah dalam) dan floem (pembelahan ke arah luar). Walaupun arah pembelahannya tidak sama, jaringan kambium akan tetap dipertahankan keberadaanya.

Semua jaringan yang ada didalam kambium disebut kayu, sedangkan dibagian luar disebut kulit, semua proses itu dipengaruhi oleh musim. Jika kondisi sekitar sangat menguntungkan, maka aktivitas kambium akan berkurang dan xilem dan floem yang dihasilkan menjadi sedikit. Sebaliknya jika kondisi lingkungan tidak menguntungkan, makan kerja kambium menjadi besar yang mengakibatkan adanya jejak pada batang yang dikenal dengan lingkaran tahun.

Lingkaran tahun tersebut terbentuk karena pengaruh musim. Lawan dari peristiwa Lingkaran Tahun yaitu Dorman yaitu kondisi dimana tidak ada aktivitas atau gerakan pada kambium dengan cara memperlambat laju metabolisme.

Nah sekian materi kali ini mengenai Pertumbuhan Primer dan Sekunder yang ada pada tumbuhan. Semoga bermanfaat.
Tag : biologi
0 Komentar untuk "Pertumbuhan Primer dan Sekunder yang Terjadi di Tumbuhan"

Back To Top