Determinan Matriks Pembahasan Beserta Contoh Soal

Hai sahabat seperjuangan, seperti biasa di kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada anda semua mengenai Determinan Matriks, yaitu kelanjutan dari materi sebelumnya yang pernah kita bahas yaitu Perkalian Matriks. Nah di materi kita kali ini kalian akan memahami dan akan melihat bentuk-bentuk soal beserta pembahasannya yang berhubungan dengan Determinan Matriks

Oke tidak usah berlama-lama langsung saja kita sikat materi kali ini, silahkan disimak baik-baik.

Pengertian Determinan Matriks

Pertama kita pahami dulu apa sih Determinan Matriks itu, kurang lebih pengertiannya adalah sebagai berikut:

Determinan Matriks adalah sebuah angka atau skalar yang diperoleh dari elemen-elemen matriks tersebut dengan operasi tertentu. Determinan Matriks hanya dimiliki oleh matriks yang memiliki jumlah baris dan kolom yang sama atau disebut dengan matriks persegi.

Penulisan atau Notasi Determinan

Determinan dari suatu matriks bisa dituliskan dengan menambahkan 2 buah garis lurus yang mengapit matriks tersebut atau berupa tulisan. Untuk lebih jelasnya bisa lihat dibawah ini.
⇒ Misalnya diketahui adalah matriks A seperti gambar dibawah

Determinan Matriks Pembahasan Beserta Contoh Soal

Maka penulisan dari Determinan Matriks A seperti gambar berikut

Determinan Matriks Pembahasan Beserta Contoh Soal

Konsep Determinan Matriks

Setelah memahami 2 hal diatas tadi, selanjutnya kita lanjut ke konsep determinan matriks itu sendiri. Untuk tingkat SMA sendiri, yang akan dipelajari yaitu matriks ordo 2x2 dan ordo 3x3. Nah untk itu kita akan membahasnya satu persatu.

⇒ Matriks Ordo 2x2
Nah untuk matriks ordo 2x2 ini masih sederhana, kita cukup memahami yang namanya diagonal utama dan diagonal samping untuk menyelesaikan soal determinan matriks 2x2 ini. Bagi kalian yang belum paham, silahkan kalian baca dulu mengenai pengertian dan jenis-jenis matriks.

Misalnya diketahui suatu matriks A memiliki elemen-elemen seperti dibawah ini, maka Determinan Matriks A adalah sebagai berikut:

Determinan Matriks Ordo 2x2
Keterangan : Kotak merah = diagonal utama, kotak kuning = diagonal samping.

⇒ Matriks Ordo 3x3
Untuk determinan dari matriks ordo 3x3 ini sedikit rumit, namun konsepnya masih sama seperti ordo 2x2 tadi yaitu dengan cara mengurangkan diagonal utama dengan diagonal samping.

Determinan Matriks Ordo 3x3

Seperti yang sudah ada diatas, kita harus menambahkan 3 baris dan 2 kolom disebelah kanan dari matriks A tersebut sehingga nantinya akan ketemu hasilnya. Untuk rumusnya sudah tertera pada gambar diatas.

⇒ Menyelesaikan SPLDV dengan Determinan
Nah yang akan kita bahas selanjutnya yaitu cara menyelesaikan sebuah persamaan linear dua variabel menggunakan konsep determinan.

Yang perlu dipahami adalah Determinan Utama, Determinan Variabel x dan Determinan Variabel y.
  1. Determinan Utama (D) adalah determinan yang koefisiennya x dan y. Koefisien x masing-masing terletak pada kolom pertama, sedangkan koefisien y terletak masing-masing di kolom kedua.
  2. Determinan Variabel x (Dx) adalah determinan yang diperoleh dengan cara mengganti koefisien-koefisien variabel x dari determinan utama dengan bilangan-bilangan ruas kanan.
  3. Determinan Variabel y (Dyadalah determinan yang diperoleh dengan cara mengganti koefisien-koefisien variabel y dari determinan utama dengan bilangan-bilangan ruas kanan


Kita langsung ke contoh soalnya saja ya. Simak berikut ini:
Tentukan penyelesaian SPLDV berikut menggunakan metode determinan.

Contoh Soal Determinan Matriks
Pembahasan:
Untuk menyelesaikannya kita cari dulu nilai D, Dx dan Dy.

Contoh Soal Determinan Matriks

Nah itu materi kita kali ini yang berjudul Determinan Matriks, semoga kalian semua paham. Terima Kasih sudah berkunjung.
2 Komentar untuk "Determinan Matriks Pembahasan Beserta Contoh Soal"

Jazakallahu, manfaat banget buat ortu seperti saya yg lagi sekolah

Back To Top