Rahasia dan Tips Presentasi yang Membuat Audience Kagum

Halo sobat pengunjung setia blog yang bermanfaat ini. Sejauh ini, bagaimana perkembangan belajar sobat ? Saya harap sobat makin hebat deh dan makin cerdas. Biar makin cerdas follow aja ya blog hebat ini, hehe..

Sekarang, yang akan saya jelaskan bukan lah hanya terpaku pada satu mata pelajaran, materi ini mencakup semua mata pelajaran yang ada. Hebat kan ? Sebenarnya, ini adalah cara belajar, bukan lah materi. Tetapi, cara ini seringkali digunakan dan bahkan mulai diajarkan pada saat kelas VII. Langsung saja, simak baik-baik ya materi tentang Tips Presentasi Hebat dan Mengagumkan Audience.

Rahasia Dibalik Presentasi yang mengagumkan
Sumber gambar: suarapengusaha.com

Presentasi, Bagian Penting Dalam Belajar

Ya, yang akan kita bahas kali ini adalah Presentasi. Presentasi adalah suatu cara belajar dimana siswa individu atau kelompok membuat satu rancangan materi dari mata pelajaran tertentu dan menjelaskan nya secara rinci di depan kelas. Itulah pengertian sederhana dari presentasi.
Presentasi membantu sobat menguasai materi pelajaran dengan baik dengan cara sobat harus mencari tahu atau menghafal materi yang sudah diberikan oleh Bapak/Ibu guru. Karena saking pentingnya, maka presentasi pun dijadikan suatu kewajiban bagi siswa agar bisa menguasai pelajaran dengan pasti.

Presentasi Itu Ga Mudah Lho

Pada saat pertama kali diminta untuk mempresentasikan sebuah materi, saya sangat kebingungan dan tidak tahu harus berbuat apa. Maka, pengalaman pun menjadi sebuah pelajaran.
Tak disangka, melakukan presentasi dan berbicara disemua teman kelas tidak lah mudah membalikan telapak tangan. Kita akan merasa gugup atau malu pada saat didepan, jika sobat pernah melakukan presentasi pasti pernah merasakan nya juga kan ?
Baca Juga : Rahasia Teknik wawancara yang berkualitas

Presentasi Harus Memberikan Solusi bukan Ilusi


Tips memberikan solusi dalam presentasi
Sumber gambar: masterpresentasi.com

Nah ini penting, bahwasanya orang mendengarkan presentasi Anda adalah untuk Menemukan Solusi, jadi paparan yang anda berikan haruslah memberi solusi bagi pendengar supaya mereka tidak kecewa dengan presentasi yang Anda lakukan. Untuk bisa memberikan solusi kepada para pendengar Anda, anda diwajibkan untuk mengetahui dan memahami materi yang akan anda paparkan, jika tidak maka presentasi yang anda berikan cenderung seperti paksaan dan tidak akan memberikan solusi terbaik bagi mereka.

Ingat, Give Them Solution!!!

Tips Membuat Presentasi


  1. Untuk membuat presentasi. Saya sarankan sobat membuat kelompok terlebih dahulu karena sangat sulit untuk menanggung beban sendirian. Kelompok yang dibuat minimal ada 5 orang agar mempermudah proses pembuatan nya.
  2. Kedua, tentukan lah ketua dan wakil ketua kelompok. Yang namanya kelompok jelas harus ada yang namanya ketua, karena satu kelompok harus mempunyai tujuan yang sama dan dibimbing oleh ketua yang bijaksana.
  3. Selanjutnya, tentukan tugas masing-masing. Saya lebih suka menjadi seorang designer presentasi dan teman-teman saya yang mencari sumber materi. Masing masing anggota harus mempunyai peran masing-masing. Ada seorang moderator yang mengatur jalan nya proses persentasi, ada pemateri yakni seseorang yang menjelaskan materi secara keseluruhan, biasanya pemateri lah yang paling banyak berperan. Dan terakhir, ada notulen, pencatat pertanyaan, kesimpulan, dan jawaban. Semua anggota harus mampu bertanggung jawab atas peran nya masing-masing,
  4. Mencari sumber materi, materi yang dipresentasikan bisa didapat dari buku maupun sumber lain. Cara saya adalah menyalin bagian penting yang ada di buku, dan mencari penjelasan rinci nya di Internet.
  5. Susun materi beserta gambar, saya sarankan menggunakan media InFocus karena akan terlihat lebih jelas dan nyaman. Tentunya membutuhkan Microsoft Power Point pada PC sobat. Buatlah design nya semenarik mungkin disertai gambar dan penjelasan lengkap yang tidak terlalu panjang.

Tips Saat Melakukan Presentasi


Penjelasan diatas hanyalah bagaimana caranya membuat presentasi yang singkat. Bahkan hanya menggunakan panduan di atas presentasi sobat sudah siap. Namun, jika hanya mengikuti cara di atas bagaikan sarapan tanpa minum teh, yakni sobat tidak akan handal dalam melakukan nya. Untuk menambah kemampuan sobat dalam melakukan presentasi, ikuti tips-tips di bawah.

  1. Kelompok harus sudah siap dari jauh-jauh hari sebelum dimulai nya presentasi.
  2. Sering-sering berlatih dan cari kesalahan, lalu segera atasi kesalahan yang mungkin terjadi.
  3. Moderator harus pandai mengatur jalan nya presentasi dan pandai dalam  berbicara.
  4. Pada saat presentasi, gunakan kata basa basi seperti “Hai, bagaimana kabar nya teman ?” Atau semacam nya, ini akan meningkatkan semangat dan membuat siswa lebih memperhatikan.
  5. Pasang muka ceria dan tebarkan senyuman.
  6. Materi harus lengkap dengan gambar. Serta buatlah gambar menjadi hidup. Artinya, sobat harus mampu menjelaskan dengan menggunakan gambar yang telah disediakan.
  7. Jangan gugup dan santai aja ya.
  8. Pada saat satu pemateri menerangkan, pemateri dan anggota lain nya duduk agar tidak mengganggu.
  9. Berikan kesempatan kepada teman sobat untuk bertanya.
  10. Tutup dengan ucapan yang menarik. Contoh “Terima kasih ya sudah menyimak, moga dapat pahala dan ilmu nya bisa menjadi manfaat”.

Dengan mengikuti Rahasia Tips Presentasi di atas, sobat akan lebih handal dan sudah biasa melakukan presentasi.

Mungkin pada saat pertama kali akan sangat gugup dan nervous, maka teruslah mencoba dan berlatih. Saya juga merasakan nya sama persis seperti itu. Namun, sekarang saya sudah biasa dan bahkan siap jika diminta presentasi mendadak.

Bagaimana dengan materi pembelajaran kali ini ? Cukup menarik kan ? maka nya terus kunjungi kalao bisa follow aja blog ini ya. Hehe..


Terima Kasih.
Tag : bindo, Indonesia
4 Komentar untuk "Rahasia dan Tips Presentasi yang Membuat Audience Kagum"

persiapan yang paling penting gan !

Sebelumnya terima kasih sudah berkunjung.. iya, persiapan memang paling penting sebagai langkah pertama.. namun kita juga harus memperhatikan setiap langkah kedepan nya gan :-)

mantap gan sudah beberapa saya terapkan di acara event, untuk kedepannya saya akan menerapkann semua tipsnya nih hhe

Sip gan terus diolah ya kemampuan presentasinya.

Back To Top