Pengertian Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi kepada kalian semua mengenai Macam-Macam Metode Penelitian. Nah sebelum itu kita juga harus mengetahui pengertian metode penelitian itu sendiri, jadi nanti juga akan saya bahas keduanya.

Nah umumnya yang kita tahu itu hanya ada 2 macam metode penelitian yaitu penelitian kuantitatif dan kualitatif, sebenarnya masih ada jenis penelitian lain yang mungkin belum anda ketahui sebelumnya. Nah untuk menambah wawasan anda mengenai metode penelitian apa saja yang ada, di artikel kali ini akan saya bagikan kepada anda semua.

Nah yang akan kita bahas pertama yaitu pengertian dari Metode Penelitian itu sendiri. Berikut penjelasannya.

Metode penelitian adalah rangkaian kerja dari suatu kegiatan penelitian yang didasari pada pandangan filosofis, asumsi dasar, ideologis, pertanyaan serta isu yang sedang berkembang dan dihadapi.

Pengertian Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif

Rangkaian kerja yang dimaksud adalah prosedur berupa urutan atau langkah-langkah yang ditempuh saat melakukan penelitian mulai dari cara memperolehnya, pengolahannya, dan kesimpulannya. Yang pasti data yang disajikan nanti haruslah objektif sesuai fakta yang didapat saat melakukan penelitian.

Tujuan dari rangkaian kerja tadi adalah untuk memperoleh hasil penelitian yang baik dan tepat serta bisa dipertanggung jawabkan nantinya. Selain itu hasilnya nanti bisa menyelesaikan masalah yang terkait dengan penelitian yang kita lakukan.

Nah langsung saja kita lihat macam-macam metode penelitian sebagai berikut:
Baca Juga artikel mengenai Pengertian Observasi menurut para ahli dan secara umum

Macam-Macam Metode Penelitian


1. Penelitian Kuantitatif

Metode penelitian kuantitatif adalah salah satu jenis penelitian yang lebih sepsifik, sistematis, terencana, dan juga terstruktur dari awal hingga kesimpulan. Penelitian kuantitatif lebih menekankan pada penggunaan angka-angka yang membuatnya menjadi lebih spesifik. Selain itu penggunaan tabel, diagram dan grafik juga mendukung.

Didalam penelitian Kuantitatif ada beberapa metode yang mendukung yaitu deskriptif, komparatif (perbandingan), survei, penelitian tindakan, korelasi, dan ekspos.

2. Penelitian Kualitatif

Metode penelitian kualitatif adalah penelitian tentang riset yang bersifat deskriptif dan cenderung menggunakan analisis. Proses dari penelitian lebih ditonjolkan. Selain itu landasan teori digunakan untuk lebih fokus pada penelitian yang dilakukan.

Penelitian jenis ini lebih subyektif dari pada penelitian kuantitatif. Metode ini terbilang baru daripada metode sebelumnya. Metode ini juga sering disebut sebagai metode naturalistik karena penelitian yang dilakukan pada kondisi alamiah, dan juga disebut sebagai metode etnographi karena banyak digunakan untuk mengamati kebudayaan atau antropologi.

3. Penelitian Survei

Metode survei adalah metode yang sering digunakan untuk memperoleh informasi dalam bentuk opini atau pendapat dari orang-orang yang berhubungan langsung dengan apa yang ingin diamati. Tujuan utama dari penelitian jenis ini adalah untuk mengetahui gambaran umum dari populasi melalui sampel beberapa orang.

Metode survei memiliki 3 karakter utama yaitu :
  • Informasi yang diperoleh dari kelompok besar yang dikumpulkan
  • Informasi diperoleh melalui pengajuan pertanyaan kepada orang yang telah ditunjuk sebagai sampel (baca juga cara melakukan wawancara yang baik dan berkualitas)
  • Informasi yang didapat biasanya dari sampel, bukan populasi.
4. Penelitian Ekspos Facto

Metode ekspos facto meneliti hubungan sebab akibat yang ada dari suatu hal yang sedang diamati. Biasanya dari situ akan didapat bukti baru yang bisa dijadikan sebagai acuan dari penelitian yang dilakukan. Penelitian ini dilakukan terhadap program, kejadian atau kegiatan yang sedang atau telah terjadi.

5. Penelitian Deskriptif

Metode penelitian deskriptif adalah metode penelitian yang tujuannya untuk menjelaskan berbagai fenomena-fenomena yang terjadi atau sedang berlangsung pada masa sekarang atau masa lampau. Penelitian ini bisa bersifat sederhana, tapi juga bisa berkembang menjadi luas seiring dengan fenomena yang sedang diamati.

Biasanya untuk kasus yang berkepanjangan dan sering terulang metode deskriptif yang digunakan akan dikembangkan lagi untuk mencari fakta-fakta baru. Penelitian deskriptif dibagi menjadi 2 yaitu longitudinal atau sepanjang waktu dan cross sectional atau dalam waktu tertentu.

Nah sekian materi kita kali ini mengenai macam-macam metode penelitian, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya....
Tag : sosiologi
8 Komentar untuk "Pengertian Macam-Macam Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif"

ingat materi ini ingat mantan soalnya dulu pernah ngerjain tugas sosiologi bareng mencari metode kualitatif dan kuantitatif di internet pas kelas 1 SMA

hahhahaha keinget masa-masa SMA nih..

Tidak juga sih gan, kalau belajar atas kemauan sendiri semuanya akan mudah

Mau tanya mas, jadi klo penelitiannya hasilnya lebih banyak berupa peta,pengambilan datanya juga dilapangan langsung (kaya ngukur arus laut,pasang surut), trus ada analisisnya juga, itu masuk kategori metode yg mana mas?

Kalau menurut saya karena ada data berupa angka, penelitian itu termasuk yang kuantitatif mbak, semoga membantu :)

tapi waktu di hasil tidak ada hasil berupa angka hanya berupa gambar seperti peta,, tapi hasil perhitungan berupa angka nya itu di jadikan lampiran karena banyak angka. apa itu tetap termasuk metode kuantitatif mas?

Back To Top