Macam-Macam Bioma dan Lengkap dengan Gambar

Hai teman semua kali ini saya mau membahas mengenai macam-macam bioma yang ada di bumi kita ini. Seperti yang kita tahu, bahwa bioma itu merupakan ekosistem yang besar dimana meliputi suatu wilayah yang luas dan didalamnya terdapat flora dan fauna yang khas. Ekosistem-ekosistem yang terbentuk dikarenakan adanya perbedaan letak geografis dan astronomis.

Kita tahu bahwa setiap wilayah yang ada di muka bumi ini mempunyai karakteristik keadaan fisik yang berbeda. Perbedaan itulah yang mempengaruhi kehidupan flora dan fauna. Untuk bertahan hidup di wilayah-wilayah yang ada di muka bumi, semua spesies dituntut untuk bisa menyesuaikan diri dengan lingkungannya atau dalam istilah disebut dengan adaptasi.

Mengapa adaptasi sangat diperlukan? Karena jika suatu individu tidak bisa beradaptasi dengan lingkungannya, maka spesies tersebut sudah bisa dipastikan akan mengalami kepunahan. Karena antar bioma memiliki ciri khas yang berbeda, maka akan membuat spesies yang ada menjadi kaya dan beragam. Bioma erat kaitannya dengan tumbuhan karena hampir seluruh bagiannya terdiri dari tumbuhan. Berikut ini macam-macam bioma dan gambarnya.

Ciri-Ciri Umum Bioma
Walaupun pembagiannya lebih dari satu, tapi Bioma memiliki ciri-ciri umum yang sering dijumpai antara lain yaitu:
  1. Mudah dikenali hanya dengan melihat vegetasi utamanya
  2. Bioma merupakan komunitas klimaks, artinya terdapat vegetasi utama yang mendominasi kawasan tersebut
  3. Terbentuk dari hasil interaksi antara unsur-unsur lingkungan, yaitu iklim, tanah, dan organisme yang hidup di lingkungan tersebut
  4. Bioma merupakan komunitasyang cukup mantap dalam periode jangka waktu yang lama, kecuali jika terjadi hal yang tiba-tiba dan merusak, contohnya yaitu bencana alam
  5. Menempati wilayah atau daerah yang cukup luas

Macam-Macam Bioma dan Cirinya

Tumbuhan yang ada di permukaan bumi memiliki ciri dan karakteristik yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Hal tersebut dikarenakan kondisi geografis yang berbeda dan faktor lainnya. Di bumi sendiri terdapat 7 macam bioma yang tersebar diseluruh wilayah bumi, bioma-bioma tersebut yaitu tundra, taiga, gurun, padang rumput, sabana, hutan hujan tropis, dan hutan gugur.

Supaya lebih paham mari kita bahas satu persatu mengenai macam macam bioma dan ciri cirinya...
  • Bioma Tundra
Ciri-Ciri Bioma Tundra

Pada bioma tundra ini tidak ditemukan adanya pepohonan yang tumbuh, yang ada hanyalah tumbuhan kecil seperti rumput dan lumut. Letak bioma tundra sendiri yaitu terdapat didaerah beriklim es abadi dan iklim tundra dan juga memiliki karakteristik iklim yang cukup ekstrem dengan suhu rata-rata rendah, bersalju, dan musim panas yang pendek.
Wilayah yang terdapat Bioma Tundra adalah di sekitar lingkar Artik dan Greenland di wilayah kutub utara.

- Ciri-Ciri bioma Tundra sebagai berikut:
  1. Hampir semua wilayahnya tertutup dengan es
  2. Musim dingin panjang dan gelap
  3. Umur dari tumbuhan relatif singkat sekitar 1 sampai 4 bulan saja
  4. Jenis vegetasinya yaitu rumput teki, semak-semak pendek, tumbuhan terna
  • Bioma Taiga
Pohon-pohon utama yang tumbuh di daerah ini adalah jenis konifer yang membuat wilayahnya sering disebut dengan hutan konifer. Letak dari bioma ini yaitu di kawasan beriklim subartik dengan iklim yang dingin, wilayahnya antara lain Skandinavia, Rusia Timur, Amerika Utara, dan kawasan Asia Utara.

- Ciri-Ciri bioma Taiga sebagai berikut:
  1. Musim dingin panjang dan musim panas pendek
  2. Selama musim dingin. air tanah berubah menjadi es dan mencapai 2 meter di bawah permukaan tanah
  3. Tumbuhan yang hidup cukup sedikit
  4. Pohon-pohon yang tumbuh umumnya memiliki daun yang berbentuk jarum dan mempunyai zat lilin dan bagian luarnya sehingga tahan terdapat kekeringan
  • Bioma Gurun
Seperti yang kita tahu, bahwa yang dimaksud gurun adalah suatu tempat yang mana jarang sekali turun hujan dan memiliki iklim yang sangat panas saat siang hari dan memiliki iklim yang sangat dingin saat malam hari. Tidak banyak tumbuhan yang mampu bertahan di bioma gurun, hanya beberapa jenis tumbuhan saja. Umumnya tumbuhan yang hidup di gurun memiliki daun yang kecil seperti duri dan akar yang panjang. Di bumi sendiri, sepertiga wilayahnya merupakan gurun. Gurun atau padang pasir banyak ditemukan di Amerika Utara, Afrika Utara, Australia, dan Asia Barat.

- Ciri-Ciri bioma Gurun sebagai berikut:
  1. Curah hujannya kurang dari 250 mm per tahun
  2. Kecepatan penguapan air lebih cepat dari presipitasi
  3. Kelembapan rendah
  4. Perbedaan suhu sangat drastis pada siang hari (suhu mencapai 45 derajat celcius) dan malam hari (suhu turun menjadi 0 derajat celcius)
  5. Tanah sangat tandus karena tidak mampu menyimpan air
  • Bioma Padang Rumput
Bioma ini memiliki ciri yaitu drainase kurang baik, nah karena rumput merupakan tumbuhan yang memiliki kemampuan untuk beradaptasi dengan tempat dengan drainase yang buruk, maka ditempat tersebut banyak ditumbuhi dan didominasi oleh rumput, kemudian disebutlah padang rumput. Daerah persebarannya yaitu Hungaria, Rusia Selatan, Asia Tengah, Amerika Serikat, dan Australia.

- Ciri-Ciri bioma Padang Rumput
  1. Curah hujan tidak teratur, antara 250-500 mm per tahun
  2. Tanahnya tidak mampu menyimpan air dengan baik
  3. Terdapat rumput yang tingginya mencapai 3,5 m
  4. Terdapat tumbuhan khas yaitu Akasia
  • Bioma Sabana
Ciri-Ciri Bioma Sabana

Sabana adalah padang rumput yang dikelilingi oleh pepohonan yang menyebar. Sabana berbeda dengan stepa, kalau sabana padang rumput yang dikelilingi oleh pepohonan, sedangkan stepa padang rumput yang tidak dikelilingi oleh pepohonan kalaupun ada jumlahnya tidak terlalu banyak.

- Ciri-Ciri bioma Sabana
  1. Suhu panas sepanjang tahun
  2. Hujan terjadi secara musiman dan menjadi faktor terpenting dalam terbentuknya sabana
  • Bioma Hutan Hujan Tropis
Ciri-Ciri Bioma Hutan Hujan Tropis

Bioma ini merupakan bioma yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang paling besar. Terdapar ratusan lebih spesies yang tinggal pada bioma ini.Wilayah persebarannya meliputi Sungai Amazon-Orinaco, Amerika Tengah, Asia Tenggara, Papua Nugini, dan lembah kongo di Afrika.

- Ciri-Ciri bioma Hutan Hujan Tropis
  1. Curah hujan tinggi, merata sepanjang tahun
  2. Mendapat penyinaran matahari sepanjang tahun
  3. Perubahan suhu relatif kecil setiap bulannya
  4. Tidak terjadi perubahan suhu pada siang dan malam
  • Bioma Hutan Gugur
Ciri-Ciri Bioma Hutan Gugur

Ciri khas bioma hutan gugur adalah tumbuhannya sewaktu musim dingin daun-daunnya meranggas. Bioma ini dapat dijumpai di Amerika Serikat, Eropa Barat, Asia Timur, dan Cile.

- Ciri-Ciri bioma Hutan Gugur
  1. Curah hujan antara 750 - 1.000 mm per tahun
  2. Terdapat 4 musim
  3. Musim panas hangat dan musim dingin tidak terlalu dingin
  4. Jenis tumbuhan yang ada relatif sedikit
  5. Jarak antar pohon tidak terlalu rapat atau renggang
Itu dia macam-macam Bioma yang ada di bumi kita tercinta ini. Dengan semua kekayaan dan keindahan alam serta keanekaragaman flora dan fauna seharusnya membuat kita menjadi semakin bijak dalam memanfaatkan semua kekayaan yang telah Tuhan berikan kepada kita.

Berikut saya bagikan sebuah video agar lebih jelas lagi, silahkan di tonton

Tag : geografi
0 Komentar untuk "Macam-Macam Bioma dan Lengkap dengan Gambar"

Back To Top