Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah

Halo sobat sekalian, sebelum menuju materi kali ini, perkenankan saya memperkenalkan diri.
Nama saya Muhammad Anas, teman-teman biasa memanggil saya Anas, saya masih duduk di Kelas IX SMP, jadi masih lumayan muda, hehe.. Saya bersekolah di SMP N 1 Rengadengklok, Karawang. Dan alamat saya di Desa Cibuaya, Karawang.

Sobat pasti masih baru mengenal saya. Ya, karena saya merupakan penulis baru di blog ini. Materi yang saya bagikan bukan materi SMA, melainkan materi-materi SMP yang sudah saya kuasai. Baiklah, mari kita membahas materi pertama mengenai belajar bahasa inggris dengan cepat.


Cara Belajar Bahasa Inggris Mudah dan Cepat
Sumber gambar: www.anneahira.com

Mengapa Bahasa Inggris?

Mengapa saya memilih mata pelajaran Bahasa Inggris pada materi pertama? Karena Bahasa Inggris adalah mata pelajaran favorit saya, hehe.. selain itu, Bahasa Inggris juga salah satu pelajaran yang sudah dipelajari dari mulai kelas 1 SD sampai sekarang serta Bahasa Inggris pun juga menjadi mata pelajaran UN SMP dan SMA. Jadi, ini adalah mata pelajaran wajib yang dipelajari sejak dini.

Cara Belajar Bahasa Inggris dengan Cepat


Banyak pelajar yang merasa bahwa Bahasa Inggris adalah salah satu mata pelajaran yang susah disamping Matematika, apakah sobat berpikir seperti itu juga? Sebenarnya, anggapan dan pikiran seperti itu tidak lah benar. Mengapa? Karena jika kita beranggapan dan berpikir seperti itu, maka ya jadi seperti itu lah susah nya. Coba lah untuk beranggapan seperti ini “Inggris itu mudah, aku pasti bisa” atau semacam nya, saya yakin maka cara belajar Bahasa Inggris pun menjadi mudah berkat anggapan dan pikiran tersebut.

Rugi sekali jika sobat tidak bisa berbahasa Inggris. Mengapa? Jawaban nya sudah sangat jelas. Pada zaman modern seperti ini, sudah tersedia gadget, sobat sendiri membaca artikel ini dengan gadget sobat benar? Nah, gadget tersebut tentu menggunakan Bahasa Inggris, dan salah satu kerugian terbesar nya adalah sobat tidak akan pernah bisa pergi ke Dunia Internasional.
Jadi, sobat harus mulai mempelajari Bahasa Inggris sejak dini menggunakan media yang memang sekiranya nyaman dengan sobat.

The Basics. Mulai Mempelajari Bahasa Inggris

Hal Basic Belajar Bahasa Inggris

Mari kita mulai belajar Bahasa Inggris. Langkah awal yang tepat adalah belajar dari dasarnya. Cobalah untuk berkenalan dengan kata-kata simple seperti subyek, dan objek.
Misalnya, melatih subyek dengan cara ketika sobat berdialog dengan teman sobat, gunakan kata I sebagai pengganti nama sobat, dan kata YOU sebagai pengganti nama teman sobat.

Metode di atas adalah metode Mix, yakni menggabungkan Bahasa Indonesia dengan Bahasa Inggris. Dengan metode Mix tersebut sobat akan terbiasa berbahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari, dan jangan lupa ganti kata lain nya, maka cepat atau lambat sobat bisa menerjemahkan sebuah kalimat dengan sendirinya.

The Best Strategy To Improve Your Skill. Cara Ampuh Yang Akan Meningkatkan Kemampuan Sobat

Saya anggap sobat sudah biasa menggunakan kata-kata sederhana dalam Bahasa Inggris sehari-hari. Maka, sekarang saat nya meningkatkan kemampuan sobat. Baiklah, ikuti cara-cara berikut ini :
Buatlah jadwal apa yang ingin sobat lakukan pada hari ini di mulai dari bangun tidur sampai tidur kembali.
Pastikan sobat buat dengan tepat.

Jika sudah, semua kata-kata kalimat atau semua yang sobat tulis dalam jadwal tersebut, sobat terjemahkan ke Bahasa Inggris menggunakan Kamus, jangan menggunakan Google Translate.
Nah, di saat menerjemahkan, sobat hafalkan satu demi satu kalimat nya dan coba untuk menerjemah kan nya ke Bahasa Inggris.

Ketika waktu nya sobat mandi / pergi / makan. Ingat apa yang sobat tulis dalam Bahasa Inggris tanpa melihat jadwal nya.
Dengan melakukan cara diatas secara rutin akan cepat meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sobat. Berikut contoh dari cara di atas :

Pada pukul 06:00, Saya akan mandi dan membersihkan tubuh. Maka terjemahan nya : At sic o’clock, I will take the shower, bath, and cleaning my body. Dan di saat tiba waktunya (Pukul 6), ingat dan kembali katakan kalimat Bahasa Inggris nya.

Belajar Sambil Bermain

Belajar Bahasa Inggris Dengan Simpel dan Mudah
Sumber gambar: kompas.com

Jika sobat tidak nyaman menggunakan strategi pertama, maka sobat patut menggunakan strategi kedua. Sobat pernah mendengar istilah “Belajar Sambil Bermain” ? Ya, istilah tersebut memang menjadi kenyataan.

Strategi kedua ini cocok buat sobat yang sering / suka bermain game. Saya sendiri menggunakan strategi ini pada saat belajar Bahasa Inggris, karena saya memang sangat suka bermain Play Station 2, hehe.. Saya memanfaatkan media tersebut untuk belajar dan hasil nya, saya sangat mahir dalam Bahasa Inggris.

Oke, pada sebuah game, pasti menggunakan Bahasa Inggris, nah maka yang saya manfaatkan disini adalah semua kalimat Bahasa Inggris yang ada di game tersebut.
Misalnya, pada game GTA (Grand Theft Auto), maka pada saat terjadi cutscene, siapkan kamus, cermati kalimat nya dan reaksi sang karakter, terjemahkan semua kalimatnya, hafalkan secara rutin disaat bermain. Cara tersebut juga harus diterapkan pada game berbeda agar sobat lebih flexibel dalam belajar.
Seiring waktu, maka sobat bisa bermain dengan senang serta mendapat ilmu pengetahuan secara tidak langsung.

Belajar Bahasa Inggris dengan Mudah


Selain menggunakan 2 cara diatas, maka sobat bisa membuat cara lain yang sekiranya nyaman dan efektif bagi sobat. Oh iya, jangan lupa untuk melatih kemampuan sobat dengan mengerjakan latihan secara rutin 3 hari sekali. Sekarang ini kita juga dipermudah dengan adanya teknologi-teknologi baru yang semakin mempermudah kita dalam belajar, yaitu dengan belajar bahasa inggris online gratis salah satunya di blog ini.

Ingat, jangan berpikir Bahasa Inggris itu susah, be positive thinking aja deh. Perlahan-lahan juga sobat mahir menggunakan Bahasa Inggris jika sobat belajar dengan tekun dan sungguh-sungguh.
Mungkin hanya materi diatas saja yang bisa saya sampaikan saat ini, dalam artikel selanjutnya, saya masih akan membahas tentang cara Belajar Bahasa Inggris dengan mudah dan tentu akan lebih menarik. Jangan lupa untuk membacanya ya.

Bagaimana pendapat sobat?
Tag : inggris
2 Komentar untuk "Cara Belajar Bahasa Inggris Dengan Cepat dan Mudah"

Pelajaran yg aku benci tapi aku sukai ya ini.. Dari dulu pengin bisa tapi gag bisa bisa... Aku pengin bisa inggris soalnya kalo ada bule yg tanya ke aku kadang aku sedih kalo cuma jawab yes no doank

Sabar gan, kalau agan belajar atas kemauan, pasti akan paham deh apa yang agan pelajari

Back To Top