Bagian-Bagian dan Fungsi Lambung Pada Sistem Pencernaan Manusia

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi materi lanjutan dari sistem pencernaan pada manusia yang difokuskan pada organ-organ beserta fungsinya. Kali ini yang akan kita bahas yaitu mengenai fungsi lambung pada sistem pencernaan manusia.

Mungkin kebanyakan dari kalian sering mendengar yang namanya lambung. Tapi coba sekarang kalian jawab pertanyaaan ini, Apa sih lambung itu?, Apa fungsi dari lambung? dan Bagaimana cara kerja lambung?

Tenang, jika kalian tidak bisa menjawab saya akan memberikan jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut khusus buat anda, silahkan disimak baik-baik.

Apa itu Lambung?
Lambung adalah sebuah organ yang bentuknya menyerupai kantong besar yang letaknya di bagian atas rongga perut sebelah kiri dibawah sekat rongga badan yang memiliki fungsi untuk menyimpan makanan sementara.
Lambung memiliki bentuk mirip dengan kantong dengan dilapisi dinding yang tebal. Ukurannya kurang lebih sebesar kepalan tangan orang dewasa dan memiliki warna merah muda dan mengkilap.

Dinding lambung tadi bisa mengembang dan mengempis, jika terisi makanan akan mengembang dan jika kosong akan mengempis.

Lambung mampu menampung sekitar 1,5 liter makanan.

Bagian-Bagian Lambung


Lambung terdiri dari 4 bagian yaitu kardiaks, fundus, korpus dan pilorus. Gambarnya bisa kalian lihat pada gambar dibawah.

Bagian-Bagian dan Fungsi Lambung

Setelah mengetahui bagian-bagiannya, selanjutnya saya akan menjelaskan bagian-bagian lambung satu persatu, silahkan disimak baik-baik.

1. Kardiaks

Kardiaks merupakan pintu masuk makanan dari kerongkongan melalui gerak peristaltik oleh kerongkongan.

2. Fundus

Fundus adalah bagian tengah lambung tempat makanan ditampung dan mengalami perlakukan kimiawi. Fundus bisa menyimpan makanan sementara sekitar kurang lebih satu jam.

3. Korpus

Letak korpus yaitu di pusat organ yang dimana pada tempat itu pencernaan kimia terjadi.

4. Pilorus

Pilorus merupakan bagian bawah lambung dan menjadi tempat keluarnya makanan dari lambung yang berhubungan secara langsung dengan usus 12 jari pada usus halus.

Pilorus sendiri biasanya bekerja dipengaruhi oleh ph dari suatu makanan. Misalnya jika ph suatu makanan adalah asam, maka otot-otot pilorus mengendur dan membuat pintu-pintu pilorus terbuka. Sedangkan jika ph suatu makanan adalah basa, maka otot-otot pilorus akan berkontraksi yang mengakibatkan pintu-pintu pilorus akan tertutup sehingga makanan tidak bisa keluar.

Untuk lebih memahami silahkan simak video dibawah ini:


Fungsi Lambung pada Sistem Pencernaan Manusia

Setelah mengetahui tentang bagian-bagian dari lambung, selanjutnya yaitu kita akan membahas mengenai fungsi-fungsi dari lambung, berikut beberapa fungsinya:
  1. Menerima dan menampung makanan sementara.
  2. Memproses dan mengubah protein menjadi pepton yaitu melalui bantuan enzim pepsin.
  3. Mengubah kaseinogen menjadi skasein yaitu malalui bantuan enzim renin
  4. Membunuh semua bakteri atau kuman berbahaya yang masuk bersamaan dengan makanan melalui bantuan HCl.
    (baca juga enzim-enzim pencernaan beserta fungsinya)
Nah saya rasa cukup sekian materi yang bisa saya sampaikan mengenai fungsi lambung pada sistem pencernaan manusia, semoga bermanfaat dan jangan lupa like dan share artikel ini ya... Terima Kasih

Jangan Lupa baca juga artikel terkait

2 Komentar untuk "Bagian-Bagian dan Fungsi Lambung Pada Sistem Pencernaan Manusia"

mantab tambah ilmu lagi nih, btw bisa ditambah keterangan beberapa penyakit yang bisa menjangkit lambung?

what a nice article, good work :)

Back To Top