Kenali Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya

Hai sahabat semua, di artikel ini saya mau berbagi kepada anda mengenai bagian mata dan fungsinya. Mata menjadi organ penting bagi kita, merawat dan menjaganya memang wajib dilakukan supaya kesehatan mata kita tetap terjaga. Bayangkan jika mata kita bermasalah, pasti kita tidak akan nyaman karena mata menjadi panca indera yang fungsinya untuk melihat.

Untuk itu, perlulah pemahaman mengenai bagian-bagian mata dan fungsinya supaya kita bisa lebih paham dan tidak sembarangan dalam merawat dua bola mata kita.

Awalnya banyak orang yang mengira bahwa mata hanya terdiri dari bola berwarna putih dan dilengkapi dengan lingkaran hitam ditengahnya. Pernyataan tersebut tidak salah, tapi seiring berkembangnya teknologi, bagian mata tidak sesederhana itu, tapi lebih spesifik dengan berbagai bagian lain yang ada didalam maupun diluarnya.

Organ mata dibagi menjadi dua yaitu bagian luar dan dalam. Bagian luar adalah bagian yang bisa kita lihat tanpa alat bantu, contohnya seperti kelopak mata, alis, dan bulu mata. Sedangkan bagian dalam lebih spesifik lagi. Nah langsung saja kalian baca bagian-bagian mata dan juga fungsinya.

Kenali Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya
sumber gambar dari mazmuiz

Bagian Mata dan Fungsinya


Organ Mata Bagian Luar
  • Kelopak Mata
Kelopak mata setiap hari kita gunakan untuk melindungi mata kita dari berbagai hal seperti debu dan lainnya. Kelopak mata biasanya bekerja secara reflek, contohnya ketika kalian kelilipan, secara seketika kelopak mata akan menutup, fungsinya supaya debu tidak masuk terlalu banyak kedalam mata.

  • Alis Mata
Biasanya saat kita mandi mengapa air tidak masuk kedalam mata kita? Nah jawabannya yaitu karena adanya Alis Mata. Alis mata berfungsi untuk menyaring atau memindahkan benda cair supaya tidak masuk ke mata. Bayangkan jika tidak ada alis, pasti mata kita akan sering kemasukan air atau keringat yang bisa membuat mata kita menjadi iritasi.

  • Bulu Mata
Bulu mata berfungsi untuk menyaring cahaya yang akan diterima oleh bola mata. Bulu mata akan mengurangi jumlah cahaya yang masuk ke mata kita supaya cahaya yang masuk tidak terlalu banyak. Pasalnya jika cahaya yang masuk terlalu banyak maka penglihatan kita akan terganggu, atau malahan bisa membuat kebutaan.

Organ Mata Bagian Dalam
  • Kornea
Bagian ini merupakan bagian terluar dari mata. Karakteristik dari kornea yaitu bening dan tembus cahaya. Fungsi dari Kornea untuk menangkap cahaya dari luar yang kemudian diteruskan ke retina.

  • Retina
Retina atau selaput jala adalah lapisan yang sangat tipis dan peka terhadap cahaya. Letaknya dibelakang dinding bola mata yaitu tempat terbentuknya bayangan. Fungsi dari retina sendiri yaitu untuk menangkap cahaya yang kemudian diteruskan ke saraf mata dan akan diproses.

  • Iris
Bagian selaput ini letaknya ditengah atau dibelakang kornea dan membentuk celah lingkaran. Fungsi dari Iris yaitu untuk membatasi banyaknya cahaya yang masuk dan memberikan warna mata. Nah inilah yang membuat kadang warna mata berbeda antara satu dengan yang lainnya, tergantung genetik masing-masing.

  • Pupil
Pupil ini fungsinya hampir sama dengan diafragma pada kamera yaitu mengatur banyaknya cahaya yang masuk . Letaknya dekat dengan iris, tepatnya ditengah iris.

  • Lensa Kristalin
Fungsinya yaitu untuk mengatur atau memfokuskan letak bayangan agar jatuh tepat di bintik kuning (bagian yang paling peka terhadap cahaya). 

  • Aqueous humor
Fungsinya untuk membiaskan cahaya ke dalam mata.

  • Otot Mata
Fungsinya untuk mengatur besar kecilnya lensa dan juga untuk menyangga lensa kristalin.

  • Vitreus Humor
Berbentuk seperti cairan bening yang berfungsi untuk meneruskan cahaya ke retina.

  • Bintik Kuning
Berbentuk melengkung letaknya di retina dan sangat peka terhadap cahaya.

  • Syaraf Optik
Fungsinya untuk meneruskan rangsang cahaya dari retina menuju ke otak untuk diproses. Syaraf optik membawa semua informasi menuju ke otak, kemudian diproses dan sampai kita bisa melihat suatu objek.

Nah itu dia bagian mata dan fungsinya, semoga dengan artikel ini kalian bisa lebih paham lagi mengenai mata dan bisa menjaganya dengan baik karena mata merupakan harta yang tak ternilai harganya.

Berikut penjelasan melalui video biar kalian lebih paham, silahkan disimak

Tag : biologi
0 Komentar untuk "Kenali Bagian-Bagian Mata dan Fungsinya"

Back To Top