Hai sobat semua, kali ini saya mau berbagi kepada sobat mengenai Teks Iklan. Nah yang kita bahas disini tidak sebatas Pengertian Teks Iklan saja, tapi lebih detail lagi, yaitu meliputi Jenis, contoh, kaidah dan struktur teks iklan.
Pertama yang akan kita bahas yaitu pengertian dari teks iklan itu sendiri. Apa itu teks iklan dan seperti apa bentuk dan macamnya? Pertanyaan tersebut akan terjawab pada uraian berikut:
Pengertian Teks Iklan
Setelah kita mengetahui tentang apa itu teks iklan, selanjutnya kita akan membahas struktur dan ciri kebahasaan teks iklan itu sendiri.
Pertama yang akan kita bahas yaitu pengertian dari teks iklan itu sendiri. Apa itu teks iklan dan seperti apa bentuk dan macamnya? Pertanyaan tersebut akan terjawab pada uraian berikut:
Pengertian Teks Iklan
Teks Iklan adalah salah satu media yang sangat efektif sekali digunakan dalam mempromosikan sesuatu baik itu barang, jasa atau lainnya yang ditujukan kepada masyarakat umum yang dibuat semenarik mungkin untuk menarik orang lain agar membeli atau menikmati barang atau jasa yang kita berikan.
Sebuah teks iklan harus dibuat semenarik mungkin, tujuannya yaitu agar orang yang melihat iklan tersebut, tertarik dengan apa yang ada didalam iklan tadi, sehingga sobat sebagai penjual akan mendapat keuntungan.
Materi iklan sendiri sudah diajarkan kepada sobat sejak masih duduk dibangku sekolah dasar dan berkembang ketika kita masuk bangku kuliah.
Ada banyak sekali iklan dari berbagai produk yang bermunculan di televisi, iklan tersebut menawarkan berbagai produk yang umumnya dibutuhkan oleh masyarakat.
Media yang digunakan dalam memasang iklan ini juga sangat banyak, mulai dari media cetak seperti surat kabar, majalah, dan lainnya, media elektronik seperti Televisi, dan baru-baru ini banyak juga yang memasang iklan melalui media internet.
Walaupun media yang digunakan berbeda-beda, tetapi semua itu tetap dalam satu tujuan yaitu untuk lebih mengenalkan produk atau jasanya kepada khalayak.
Struktur Teks Iklan
Setelah kita mengetahui tentang apa itu teks iklan, selanjutnya kita akan membahas struktur dan ciri kebahasaan teks iklan itu sendiri.
Pertama kita lihat terlebih dulu seperti apa strukturnya. Berikut penjelasannya :
Struktur Teks Iklan
- Judul, merupakan bagian yang umumnya diletakkan pada bagian atas dan dilihat pertama kali oleh orang, tetapi ada juga beberapa iklan yang tidak mencantumkan judul didalamnya.
- Nama Produk atau Jasa, merupakan bagian yang isinya mengenai produk atau jasa yang hendak ditawarkan kepada masyarakat.
- Deskripsi, merupakan bagian yang berisi penjelasan tentang produk dan jasa yang hendak ditawarkan kepada khalayak, biasanya bagian ini ditulis dengan menarik dan kalimatnya mengajak orang lain untuk membeli produk atau jasa tersebut.
Ciri Kebahasaan Teks Iklan
- Berupa Kalimat Slogan
Untuk membuat sebuah teks iklan, perlu digunakan yang namanya kalimat slogan, buat yang belum tahu apa itu kalimat slogan, silahkan baca artikel sebelumnya yaitu pengertian dan ciri-ciri slogan.
- Kalimat Peruasif (Membujuk)
Nah selanjutnya yang perlu sobat semua perhatikan dalam membuat sebuah iklan yaitu kalimatnya, ya kalimat yang digunakan sifatnya harus persuasif atau membujuk orang agar tertarik dan membeli produk yang sobat tawarkan. Usahakan penggunaan kalimatnya unik dan membuat orang lain tertarik.
Contoh Teks Iklan
Setelah semua tentang teks iklan kita bahas, selanjutnya kita akan melihat beberapa contoh teks iklan produk yang cukup menarik konsumen untuk membeli produk tersebut. Berikut beberapa contoh teks iklan yang bagus dan menarik.
- Contoh Teks Iklan Produk Makanan
- Contoh Teks Iklan Makanan
Nah sekian artikel dari saya mengenai pengertian teks iklan dan juga struktur teks iklan serta contohnya, semoga bermanfaat ya.
Tag :
Indonesia
4 Komentar untuk "Teks Iklan (Pengertian Struktur Kaidah dan Contoh)"
thank infonya lengkap dan bermanfaat sekali..kunjungi juga Kumpulan tugas dan materi kelas SMA
trimakasih.. sudah membantu tugas kami
sama-sama, seneng bisa membantu :)
Maaf tapi strukturnya tidak sesuai dengan k13