Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel

Hai sahabat semua, kali ini saya mau berbagi sedikit ilmu yang saya miliki mengenai Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel yang masuk dalam materi biologi kelas 11 semester ganjil.

Membahas mengenai sel, saya akan menganalogikannya menjadi sesuatu yang mudah anda pahami. Anda pernah melihat sebuah sapu lidi? nah sekarang coba kalian lihat dan perhatikan, apa saja yang menyusun sapu lidi. Ya benar, adalah lidi yang jumlahnya banyak yang tersusun sedemikian rupa sehingga membentuk sebuah sapu.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel

Dengan analogi seperti diatas, bisa kita perluas lagi yaitu dengan mengganti sapu lidi dengan tubuh kita sendiri. Ya sekarang kita tahu bahwa tubuh kita tersusun atas unit-unit kecil yang disebut dengan SEL.

Jadi sel bisa kita artikan sebagai unit terkecil yang menyusun makhluk hidup dan sebagai tempat berlangsungnya aktivitas kehidupan.

Sekarang kalian sudah tahu apa yang dimaksud dengan sel, kita lanjut ke bagian berikutnya.....

Seperti yang sudah saya jelaskan diatas, didalam sel berlangsung berbagai aktivitas kehidupan, yaitu sintesis, pengangkutan, pertumbuhan dan perkembangan.

Tahukah Anda!!!
Istilah sel pertama kali digunakan oleh Robert Hooke untuk memberi nama ruang-ruang kecil yang ada pada gabus dan tumbuhan yang dilihatnya menggunakan mikroskop.

Didalam sel terdapat kehidupan yang terjadi karena adanya reaksi kimia didalamnya. Senyawa kimia tersebut diberi nama Protoplasma.

Didalamnya juga terdapat komponen organik dan anorganik. Komponen organik meliputi karbohidrat, lemak, protein, dan asam nukelat, sedangkan Komponen anorganik meliputi garam mineral dan ion-ion.

Kita sudah selesai membahas mengenai pengertian Sel dan apa saja yang ada didalamnya, selanjutnya kita akan membahas struktur dan fungsi organel-organel yang ada didalamnya.

Perbedaan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan beserta fungsi organelnya

Sel hewan dan tumbuhan tidaklah sama, ada beberapa perbedaan.Sebelumnya kalian lihat terlebih dahulu struktur sel hewan dan tumbuhan berikut:

Perbedaan Sel hewan dan Tumbuhan

Perbedaan dari Sel hewan dan sel tumbuhan bisa kalian lihat pada tabel dibawah ini.


NO PERBEDAAN HEWAN TUMBUHAN
1 Dinding sel Tidak ada Ada
2 Plastida Tidak ada Ada
3 Lisosom Ada Tidak ada
4 Sentrosom Ada Tidak ada
5 Bentuk Tidak tetap Tetap
6 Timbunan zat Lemak dan glikogen Pasti
7 Vakuola Kecil dan sedikit Besar dan banyak

Setelah melihat Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan, selanjutnya kita akan membahas mengenai fungsi organel-organel yang ada didalamnya. Didalam sel terdapat tiga bagian utama yang sangat penting, antara lain membran sel, sitoplasma, dan organel sel.

Nah yang akan dibahas hanya yang organel sel saja, berikut Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel :

  • Nukleus (Inti sel)
Nukleus merupakan komponen utama yang fungsinya mengatur segala aktivitas yang terjadi didalam sel. Hal tersebut karena adanya kromosom yang berisi DNA didalamnya.
  • Badan Golgi
Bentuknya seperti kantong, dan memiliki fungsi seperti membentuk membran dan dinding sel tumbuhan, membantu proses sekresi, dan tempat pembentukan zat-zat sekresi.
  • Mitokondria
Fungsinya adalah sebagai tempat respirasi atau bernafasnya sel. Respirasi yang terjadi didalamnya merupakan respirasi aerob.
  • Retikulum Endoplasma
Lebih sering disebut dengan nama RE. RE dibagi menjadi 2 yaitu RE kasar (ditempeli ribosom) dan RE halus.
  • Vakuola
Hanya terdapat pada sel tumbuhan saja (di sel hewan ada, tapi kecil bahkan tidak terlihat). Fungsinya untuk menyimpan cadangan makanan, penimbunan sisa metabolisme dan menyimpan alkaloid dan pigmen antosianin.
  • Ribosom
Ribosom melekat pada RE kasar. Fungsinya untuk menyintesa protein.
  • Plastida
Hanya terdapat pada sel tumbuhan. Plastida ini terdiri dari pigmen-pigmen warna. Sudah pasti salah satu fungsinya adalah berhubungan dengan fotosintesis.
  • Sitoskeleton
Fungsinya sebagai kerangka sel yang membantu sel untuk bergerak serta memberikan kekuatan pada sel.
  • Sentriol
Hanya terdapat pada hewan, fungsinya untuk melekatkan kromosom

Nah itu dia organel-organel yang terdapat didalam sel beserta fungsinya. Organel tersebut bekerja saling bantu membantu satu sama lain sehingga membentuk sebuah kehidupan.

Sekian postingan kali ini tentang Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel, semoga bermanfaat bagi kalian. Sebelumnya bagi kalian yang ingin menanyakan atau kesulitan dalam beberapa soal, jangan sungkan untuk bertanya, insyallah jika bisa akan kami bantu.
Terima kasih.

Bagi yang kurang paham bisa lihat video dibawah ini:





Sudah paham materi ini, silahkan lanjut ke materi selanjutnya mengenai jaringan
Tag : biologi
0 Komentar untuk "Perbedaan Sel Hewan dan Sel Tumbuhan beserta Fungsi Organel"

Back To Top