Analisis Vektor Kumpulan Rumus Penting

Hai sahabat semuanya, kembali lagi nih ke blog pendidikan saya ini, sekarang kita akan membahas kelanjutan dari materi sebelumnya yaitu Analisis Vektor untuk Gerak . Nah jika kalian ingin melanjutkan ke materi ini, anda harus menguasai 2 materi prasyarat diferensial dan integral terlebih dahulu sebelum melanjutkan ke materi ini.

Seperti yang sudah saya bahas pada postingan sebelumnya, disini saya tidak menggurui atau menjadi guru anda, saya disini anggaplah sebagai teman anda yang ingin berbagi sedikit pengetahuan saya tentang Analisis Vektor untuk Gerak, jika ada kesalahan mohon untuk dimaklumi karena admin juga masih belajar sama seperti kalian, syukur-syukur kalian bisa membatu membenarkan.

Kembali lagi ke topik bahasan kita, pada kelas 10 kemarin kita sudah mendapat materi Fisika terkait dengan Gerak Lurus, maka yang akan kita bahas pertama adalah gerak lurus.

Didalam Analisis Vektor gerak, kita mengenal yang namanya:
  1. Posisi (r)
  2. Perpindahan (∆r)
  3. Kecepatan rata-rata ( v )
  4. Percepatan rata-rata
Saya disini tidak akan menerangkannya satu persatu karena nanti malah menimbulkan kebingungan bagi anda, sebagai gantinya, saya akan memberikan rumus-rumus penting yang sering dipakai untuk menyelesaikan berbagai soal yang berhubungan dengan Analisis Vektor. Apa saja mereka? silahkan simak baik-baik.

Rumus-Rumus untuk Analisis Vektor 

  • Vektor Posisi (r)
Rumusnya :
⇒ Vektor Posisi
Rumus Vektor Posisi

⇒ Besarnya Vektor Posisi
Rumus Besar Vektor Posisi

⇒Arah Vektor
Arah Vektor


  • Vektor Perpindahan
Rumusnya:
⇒ Vektor perpindahan
Vektor Perpindahan

⇒ Besarnya vektor perpindahan
Besarnya Vektor Perpindahan


  • Kecepatan Rata-Rata
Rumusnya:
Kecepatan Rata-Rata


  • Percepatan Rata-Rata
Rumusnya:

Percepatan Rata-Rata


Nah saya rasa itu saja rumus yang paling sering digunakan untuk menyelesaikan soal-soal yang berhubungan dengan Analisis Vektor untuk Gerak Lurus.

Rumus diatas sangat penting jadi ada baiknya bagi kalian semua untuk memahami atau menghafalkannya. Untuk postingan berikutnya saya akan berbagi contoh soal dan pembahasan, jadi simak terus ya...
Sekian dari saya, Terima Kasih sudah berkunjung.
Tag : fisika
0 Komentar untuk "Analisis Vektor Kumpulan Rumus Penting"

Back To Top