Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses

Hai sahabat semua, pada bab pertama mata pelajaran Bahasa Indonesia kurikulum 2013 terdapat sebuah materi yang berjudul Pembangunan Konteks dan Pemodelan Cerita Pendek. Nah di artikel kali ini saya akan membuat sebuah Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses yang sudah bisa dibilang sukses.

Wirausaha sukses yang akan saya bahas kali ini adalah seorang bernama Eka Lesmana. Walaupun sosoknya belum terlalu dikenal di masyarakat umum, tapi dia sangat dikenal di kalangan pebisnis online atau istilah kerennya yaitu IM singkatan dari Internet Marketing.

Bagi kalian yang penasaran mengenai siapa sebenarnya Eka Lesmana dan Wirausaha apa yang ia jalani hingga mendulang kesuksesan ? Simak cerita pendeknya dibawah ini.

Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses

Cerita Pendek Tentang Kewirausahaan

Eka Lesmana seorang yang awalnya bukan siapa-siapa dan hanya dipandang sebelah mata sekarang ini menjadi seorang yang berada. Pria yang memiliki nama asli Eko Purwanto ini lahir di keluarga yang serba kekurangan dan sudah ditinggal oleh Ibunda tercinta selama-lamanya saat ia duduk di kelas 4 SD. Tidak hanya itu, berselang 2 tahun kemudian ayahnya menikah lagi dan menghilang tanpa kabar, hal itu membuat kehidupan Eka semakin terpuruk.

Beruntung, ia memiliki nenek yang sangat baik yang mau merawat dan membiayai sekolahnya. Karena keterbatasan biaya, Eka bersekolah hingga tamat SMP saja. Masa sekolah dari Eka Lesmana ini cukup menyentuh hati, perlengkapan sekolah seperti sepatu yang ia pakai merupakan pemberian dari orang lain. Walau sepatu yang dimilikinya kebesaran, tetapi ia tetap mengenakannya. 

"Mendingan uangnya buat beli buku biar pinter" Ujarnya.

Walaupun hidup dikeluarga yang serba kekurangan, namun dari segi prestasi Eka Lesmana ini cukup membanggakan karena sering memperoleh peringkat 3 besar. Dia hobi sekali bermain komputer saat SMP dan hal inilah yang menuntunnya untuk mendulang kesuksesan.

Setelah lulus SMP, ia bingung mau mencari pekerjaan dimana dan mau kerja apa, karena lulusan SMP sangat susah sekali untuk mendapat pekerjaan. Akhirnya ia memutuskan untuk ikut dengan Pak Leknya untuk Angon Bebek. Pekerjaan yang awalnya ia sukai karena ia bisa melihat banyak bebek berjalan kesana-sini dan menggiringnya untuk masuk ke kandang.

Namun, mungkin karena bukan bakatnya ya setiap kali angon bebek, pasti ada beberapa bebek yang hilang, entah itu bebek nyasar atau dimakan musang. Bebek yang ia angon awalnya berjumlah sekitar 400 an, namun lama kelamaan jumlahnya semakin berkurang, itu membuatnya sedikit bingung dan akhirnya ia pun meninggalkan pekerjaannya tersebut.

Tidak sampai disitu saja, setelah bekerja angon bebek, ia kemudian ikut dengan budhenya untuk bekerja disalah satu pabrik di kota Solo. Disana Eka tidak hanya bekerja di Pabrik saja, tapi juga melakukan pekerjaan lain atau bisa disebut kerja serabutan seperti menjadi kuli bangunan dan lainnya ia tekuni. Disana ia bekerja cukup lama sekitar 1 tahunan.

Karena selalu menjunjung kualitas bagus saat bekerja, ia kemudian diajak oleh mandornya untuk ikut ke Jogja karena pabrik ingin membuka cabang disana. Eka Lesmana juga mendapat kenaikan gaji. Nah di Jogja inilah Eka Lesmana mulai mengenai yang namanya Internet Marketing.

Saat itu, seperti biasa ia sedang menjaga toko dan datanglah seorang pembeli yang membeli banyak produk di toko tersebut secara rutin. Hal itu membuat Eka merasa ingin tahu mengenai usaha yang sedang ditekuni oleh wanita pembeli itu.

"Mbak punya toko sendiri ya ?" tanya Eka
"Iya mas saya punya, tapi masih kecil-kecilan kok" Jawab Pembeli
"Tapi kok belinya banyak banget, pasti tokonya besar ya?" tanya Eka
"Nggak mas, saya jualannya online, jadi banyak pembelinya, malahan sampai di pulau lain" Jawab Pembeli
"Jualan pake Facebook itu ya mbak?" tanya Eka karena semakin penasaran
"Iya lewat Facebook juga mas, tapi mayoritas pembeli pesannya dari website mas"
"Website itu apa to mbak?" 
"Ya kayak toko ini mas, tapi kalau website itu modelnya Online, tapi kalau masnya ingin tahu, bisa browsing di internet"
"iya mbak lewat Google itu yah?"
"Iya mas"

Dari percakapannya dengan wanita tadi, membuat Eka semakin penasaran dengan yang namanya Toko Online, website dan lainnya, jadi setiap habis bekerja, ia sering menyempatkan untuk pergi ke warnet. Terhitung sudah 3 bulan ia pergi kewarnet dengan waktu rata-rata 4 jam, ia berpikir kalau itu membuatnya boros, jadi ia memutuskan untuk membeli Laptop sendiri.

Uang yang ia miliki tidak cukup untuk membeli Laptop tersebut, jadi ia hutang dengan Bosnya untuk membeli Laptop tersebut. Setelah Laptop terbeli dan semua keperluan internet juga sudah, selanjutnya ia mulai belajar membuat Toko Online. Setelah melalui proses yang cukup panjang, akhirnya ia berhasil membuat Toko Onlinenya sendiri.

Walaupun sudah berhasil membuat toko online, tidak membuat Eka langsung bisa memperoleh uang, justru ini adalah awal dari usahanya. Awalnya tidak ada pembeli sama sekali dari toko online tersebut, penyebabnya yaitu karena blognya tidak memiliki pengunjung.

Ia kemudian belajar bagaimana cara mendatangkan banyak pengunjung ke toko online miliknya dengan harapan nanti ada calon pembeli yang ingin membeli produk di Toko Onlinenya. Ia memerlukan waktu 5 bulan untuk mendatangkan banyak pengunjung ke blognya.

Nah setelah berhasil memperoleh pendapatan dari toko online tersebut, masalah menghampiri dirinya yaitu kejenuhan. Ia agak kerepotan karena harus mengurus toko online tersebut dan juga packing produk yang dijual sebelum dikirim ke jasa pengiriman barang.

Setelah itu dia mencari bisnis online lain yang tidak terlalu menguras tenaga. Banyak permasalahan yang dialaminya saat itu seperti ditipu hingga jutaan rupiah. Tapi ia tetap sabar dan menjadikan hal tersebut sebagai pembelajaran.

Suatu hari, ia bertemu dengan seorang pembeli di tempat kerjanya. Orang tersebut sangat enak sekali diajak mengobrol. Orang tersebut juga pernah bercerita mengenai pekerjaannya yang juga tidak jauh dengan bisnis online. Pria tersebut bekerja sebagai seorang publisher Google Adsense. Perbulannya pria itu mendapat gaji sebesar 50 juta rupiah, hal itu membuat Eka semakin bersemangat untuk mengikuti pekerjaan orang tersebut.

Pria itu memberi saran kepada Eka sebelum menekuni bidang ini, yaitu dengan berpesan "Ikuti style atau gayamu sendiri, jangan ikut-ikutan orang lain yang kamu belum tentu bisa"

Eka Lesmana kemudian membuat blog dengan gayanya sendiri dan ia sangat menikmati pekerjaan barunya tersebut. Rupiah demi rupiah mulai mengalir ke kantong setiap bulannya. Awalnya sekitar 1 - 2 jutaan dan setiap bulannya semakin bertambah hingga sekarang ia bisa memperoleh penghasilan ratusan juta rupiah dari pekerjaan onlinenya tersebut dan sekarang ia menjadi seorang Internet Marketing sukses asal Indonesia.

Nah itu dia Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses sukses Eka Lesmana yang awalnya bukan siapa-siapa, sekarang menjadi wirausahawan sukses. Kisah yang cukup inspiratif dan memotivasi tentunya, ini membuktikan bahwa semua orang bisa sukses tidak memandang apapun, asalkan tekun, ulet dan tidak mudah menyerah kesuksesan bisa kita capai.

Untuk contoh teks cerita pendek singkat lainnya, silahkan cek artikel saya sebelumnya :)

Bagi kalian yang penasaran dengan Eka Lesmana ini dan apa yang digelutinya kalian bisa lihat video dibawah ini.

Tag : bindo
5 Komentar untuk "Cerpen Tentang Kewirausahaan Sukses"

wow, keren... menginsprasi gan untuk menghasilkan uang dari blog! :D

Inspiratif sekali ^^ bagus untuk memotivasi para blogger (y)

Iya, para blogger harus melihat perjuangannya jika ingin sukses seperti dia

juduknya emang " cerita pendek tentang kewirausahaan gan ?

Back To Top